SALAH SATU PERUSAHAAN SAWIT DI ACEH DI DUGA TELAH  BERTAHUN LAMANYA MENYEROBOT LAHAN MILIK WARGA “PEMERINTAH DAERAH SEPERTINYA TAK PERDULI”

SALAH SATU PERUSAHAAN SAWIT DI ACEH DI DUGA TELAH BERTAHUN LAMANYA MENYEROBOT LAHAN MILIK WARGA “PEMERINTAH DAERAH SEPERTINYA TAK PERDULI”

Berita Daerah 0 Comment 129

ACEH UTARA, Gemantaranews

Ratusan warga Gampong Desa Gunci, Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara meminta kepada pihak Perusahaan Kelapa Sawit segera berhentikan operasi dalam membuka lahan lanjutan untuk penanaman sawit.
Warga meminta pihak Perusahaan menyelesaikan permasalahan yang ada, Sebab Perusahaan sawit tersebut diduga telah melakukan penyerobotan terhadap lahan milik warga. Lahan milik warga yang diduga telah diserobot Perusahaan sawit tersebut seluas 2.643 (Dua Ribu Enam Ratus Empat Puluh Tiga Herktar).

Saat Kami dari awak media mengkonfirmasi masyarakat yang berada dilokasi, mereka mengatakan “Bahwa lahan milik Kami (warga) sudah memiliki Surat Akte Jual Beli (AJB), Surat Keterangan Tanah (SKT), dan Surat Hibah, ungkap mereka,(20/6/2019).
[14/6 8.29 PM] Pak Arif Pimpred Jkt: Warga masyarakat yang lahannya diduga telah diserobot tersebut, meminta kepada pihak Perusahaan Sawit tersebut agar mengembalikan kepada Kami (warga masyarakat), agar Kami bisa berkebun lagi demi menghidupi keluarga. Kami tidak mempunyai perkerjaan lain, dari mana Kami menghidupi keluarga Kami, untuk kelangsungan kehidupan Kami, tutur mereka.

Dikatakan Abdurahman yakni salah seorang warga, yang mengatakan lahan yang telah dipakai perkebunan sawit oleh Perusahaan yang bersangkutan adalah tanah miliknya, di lahan tersebut ada makam nenek moyangnya “Tengku Panglima Muda Mat Hasan Syahid” Seorang Pejuang yang berperang melawan Belanda, itu adalah merupakan bukti nyata dan itu adalah lahan warisan dari nenek moyang Kami, dan didalamnya ada pokok Durian, Pinang, Coklat, Kata abdurahman.
[14/6 8.29 PM] Pak Arif Pimpred Jkt: Masyarakat meminta pihak Pemerintah Daerah terkait segera menyelesaikan sengketa lahan yang sudah bertahun-tahun belum selesai dengan salah satu Perusahaan Sawit yang sedang beroperasi di wilayah Gampong Desa Gunci Sawang tersebut.

Pemerintah Daerah harus peka terhadap kesulitan Kami masyarakat yang berada disini, pengetahuan dengan logika harus dipadukan “Lebih duluan mana kebun sawit dengan warga apakah zaman belanda dahulu sudah ada perkebunan sawit tersebut atau dengan Perusahaan Sawit yang mana saja yang ada disini, dan masa Pemerintah mau berpaling kepada Kami masyarakat disini”. Kami disini sebagai masyarakat memohon kepada Pemerintah Daerah agar membantu dalam menyelesaiankan permasalahan yang terjadi, sebelum ada jatuh korban, mereka akan memperjuangkan hak mereka sampai kapanpun, ujarnya warga.

Selain itu terdapat juga lahan milik Kelompok Tani Perkebunan Karet Koperasi Wareh Nanggroe Nusantara yang diduga diserobot juga oleh salah satu Perusahaan Kelapa Sawit tersebut, Menurut Data SK.Gubernur Aceh Nomor :525/BP2T/B667/2011 tentang Izin Lean Claring, SK.Bupati Aceh Utara Nomor : 592.12/397/2011 yang Luas lahan mencapai 4.220 (Empat Ribu Dua Ratus Duapuluh Hektare).(Mawardi Biro Aceh/tim)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top