SAGU MENJADI IKON KEP. MERANTI RIAU DAN MENJADI PERCONTOHAN BAGI DINAS DARI LUAR PROVINSI

SAGU MENJADI IKON KEP. MERANTI RIAU DAN MENJADI PERCONTOHAN BAGI DINAS DARI LUAR PROVINSI

Berita Daerah 0 Comment 70

MERANTI RIAU, Gemantaranews

Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan Kabupaten yang terkenal dengan “SAGU” serta prodak olahannya. Ini dibuktikan dengan banyaknya pihak-pihak dari Dinas ataupun Swasta dari luar daerah menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai acuan atau percontohan di bidang pengolahan Sagu, baik dari bahan baku ataupun prodak olahan yang sudah jadi.

Antonius SP. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mapi Provinsi Papua juga datang melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Meranti pada Jum’at 26 April 2019 tepatnya ke dua Desa yakni, Desa Maini dan Desa Tenan, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti dalam rangka “melihat proses pengolahan di pabrik sagu yang nantinya akan diterapkan di wilayahnya yaitu di Papua”, Menurut Antonius SP.

Kabupaten Meranti bisa menjadi rujukan dalam sistem pengolahan sagu dan pengolahan produk olahan yang sudah jadi, Beliau juga mengungkapkan bahwasannya di Papua, itu banyak sekali tanaman sagu bahkan sagu yang ada di sana tumbuh sendiri bukan hasil budi daya alias hutan sagu, akan tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk usaha lndustri, baik oleh masyarakat setempat ataupun oleh pihak Pengusaha.
Oleh sebab itulah kami datang kemeranti untuk melihat dan mencontoh sistem pengolahan tanaman sagu sehingga dapat kami terapkan nantinya, Jelasnya.

Dijelaskannya juga oleh lfwandi SP selaku Kabid.Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Meranti kepada wartawan Gemantaranews,
Bahwasannya pengolahan bahan mentah ataupun produk dari olahan sagu yang ada di Meranti sudah menjadi contoh dan tempat berlatih bagi daerah lain, dan belum lama ini juga kita kedatangan tamu dari daerah-daerah lain yang juga datang untuk melihat dan Belajar tentang pengolahan sagu ini, Yang saat itu turut mendampingi Kepala Dinas dari Papua tersebut.

Ada lebih dari 369 jenis makanan olahan yang telah diakui oleh MURI. Produk olahan berbahan baku tepung sagu seperti mie sagu, roti sagu dan lain sebagainya di mana itu merupakan hasil dari kreativitas masyarakat Kep.Meranti ini,Tambahnya.

Sementara itu Aloer SP selaku perwakilan dari Dinas Papua, memberikan ucapan terima kasihnya kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Meranti serta teman PPL Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Yang telah membantu dalam kegiatan kunjungan ini, Ini sangat bermanfaat bagi Kami semoga Kami dapat menerapkan di Daerah Kami, Pungkasnya.(M harles)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top