RIBUAN HEKTAR SAWAH PARA PETANI GAMPONG BLANG NIBONG KECAMATAN SAMUDERA TELANTAR.

RIBUAN HEKTAR SAWAH PARA PETANI GAMPONG BLANG NIBONG KECAMATAN SAMUDERA TELANTAR.

Ekonomi 0 Comment 57

ACEH UTARA, GemantaraNews

Para petani gampong Blang Nibong Kecamatan Samudera Aceh Utara,merencanakan tahun 2020 akan bangun 2 unit waduk penampungan air untuk aliri ke sawah.

Waduk berukuran besar 50×50 dengan kedalaman, 5 meter tersebut diperkirakan mampu mencukupi Jumlah area persawahaan secara keseluruhan sebesar 68.78 hektar.

Upaya itu dilakukan sesuai dalam musyawarah kesepakatan bersama untuk menganggarkan anggaran Desa tahun 2020 ini diprioritaskan utama untuk waduk penampungan air aliri kesewah para petani semaksimal mungkin hingga secukup nya,ungkap Safaruddin, Guchik Gampong Blang Nibong kepada gemantaranews. Com 28 feb 2020.

“Sesuai dalam perencanaan untuk pembangunan waduk penampungan air aliri ke areal persawahaan para petani di Gampong Blang Nibong pihak pedamping Desa sudah meninjau ke Lokasi untuk pembebasan dan penyusunan RAP untuk keperluan Berapa jumlah Anggaran Desa yang di perlukan untuk realisasi nanti nya supaya tercukupi”

Safaruddin menambahkan, dengan terwujud nya pembangunan waduk penampungan air dari anggaran (ADD) Desa tahun ini,masyarakat Blang Nibong bisa normal mengarap persawahan mereka seperti yang ada di desa lain kata nya.

“masyarakat di desa ini hidup nya sebahagian petani sawah sebahagian lagi petani tambak dan nelayan,yang lebih dominan disini petani sawah,jadi kalau ini kita menunggu tadah hujan selalu pada musim penghujan selalu gagal panen seperti tahun 2019 tanaman padi masyarakat disini gagal panen merugikan secara keseluruhan mencapai 300 ratus juta rupiah.”
Ketua Tuha Pet gampong Blang nibong menambahkan, Sebelum nya Masyarakat setempat sudah pernah mengajukan proposal ke pihak Dewan Kabupaten Aceh Utara mengenai keluhan sawah di desa nya dari aspirasi salah satu dewan tapi tak kunjung ada terealisasi hingga saat ini.

“kami disini tidak mungkin mengadakan mesin pompa air, karna jarak sungai sangat jauh mecapai 2 kilo meter lebih dari desa kami dan butuh biaya besar untuk itu, dulu sudah pernah kaminajukan permohonan aspirasi dewan utuk itu tapi tak ada kita liat, kalau bisa pemerintah membantu untuk hal ini selain satu unit waduk dibangun dari dana desa satu lagi dari pemerintah dinas terkait,karna desa sanggup membangun cuma satu tahap ini,rencana kita bangun dua tapi karna dana terbatas kita bangun satu dulu.tutup nya.

Jumlah Kepala Keluarga (KK)penduduk yang menetap Gampong Blang Nibong Kecamatan Samudera secara keseluruhan berjumlah 3 Ratus KK, dengan jumlah penduduk 1,500 Jiwa saat ini.(Hamdani)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top