PPK PARBULUAN KAB.DAIRI LAKUKAN SIMULASI DAN BIMTEK PERHITUNGAN SUARA BAGI KPPS

Berita Daerah 0 Comment 56

DAIRI-SUMATERA UTARA,
Gemantaranews

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Parbuluan lakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara juga bimbingan teknis kepada kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Bekerjasama dengan PPS, Simulasi dan Bimtek Sekecamatan Parbuluan bertempat di Wisma Rouli Silalahi Desa Parbuluan IV, Kab.Dairi, Jum’at (12/04/2019).

Simulasi dan bimtek tersebut dilakukan untuk menyongsong pelaksanaan Pileg dan Pilpres serentak pada Rabu,17 April 2019.

Ketua PPK Parbuluan, Vandang Sahat Sinaga sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut memberi kata sambutan dan mengatakan, “kegiatan pemungutan dan penghitungan suara merupakan tahapan penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan di TPS” sebagaimana ketentuan dalam perundang-undangan. Tahapan ini tentunya sangat penting bagi peserta pemilu karena merupakan proses awal untuk setiap peserta pemilu memperoleh suara, ujarnya.

KPPS mempunyai peranan penting dalam melaksanakan tahapan ini, karena pada Pemilu 2019 pemilih akan menerima 5 surat suara di TPS yang harus dicoblos saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres tersebut.
Kesuksesan pada tahapan ini tentunya bergantung pemahaman KPPS dalam menjalankan dan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, Oleh sebab itu KPPS punya peranan penting dalam melaksanakan tahapan ini”, tambahnya.

Pada kegiatan tersebut Ketua PPK menyampaikan materi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019 dan tata cara serta pencoblosan suara sah dan tidak sah, serta simulasi proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2019.

Hadir pada acara simulasi dan Bimtek tersebut dari Forkopimcam Parbuluan yaitu, Pandapotan Situmorang, Dahim Munte, Jonnes Nainggolan, IPTU Agus Santoso, dan Panwascam parbuluan.

Sementara itu Camat Parbuluan menyambut baik kegiatan simulasi dan Bimtek tersebut, ia berharap agar seluruh anggota KPPS mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh, sangat penting karena dapat melihat langsung proses pemilihan dan penghitungan suara di TPS serta dapat berbagi pengetahuan dan sharing sesama anggota penyelenggara pemilu.

Jumlah keseluruhan Panitia KPPS yang hadir berjumlah 413 orang ditambah anggota Pengawas TPS dan mewakili anggota PPS dari 11 desa sekecamatan.

Selama proses kegiatan bimtek yang dilaksanakan oleh PPK Parbuluan, semua berjalan dengan baik dan disambut antusias dengan tepuk tangan ketika proses bimtek ditutup.
(L hutabrat/ Lenan biro sumut)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top