Politeknik Pelayaran Surabaya Gelar Penyuluhan Keselamatan Pelayaran dan Pencegahan Pencemaran Laut, Antisispasi Terjadinya Tragedi Laka Laut

Berita Daerah 0 Comment 26

SUMENEP, Gemantaranews

Mengingat pentingnya tata cara penyelamatan dini terhadap Laka Laut, hal itu untuk mengantisipasi kejadian serupa Laka Laut yang dialami KM Arim Jaya, sejumlah pihak mulai melakukan sosialisasi.

Politekhnik Pelayaran Surabaya menggelar ‘Penyuluhan Keselamatan Pelayaran dan Pencegahan Pencemaran Laut, yang bertempat di terminal Penumpanf PT Pelindo III Kalianget. Kegiatan tersebut, dihadiri oleh jajaran Forpimka Kalianget dan Camat Talango, Kasat Pol Airud, Akp Ludwi SH, Kepala Pelindo III Kalianget (Panca Bhinika), KSOP Kalianget, dan Kantor Karantina Kesehatan Kalianget,” Jum’at, 21/6/2019.

Direktur Pelayaran Tekhnik Surabaya, Ir. Taofik Efendy menjelaskan, bagi masyarakat nelayan yang berkecimpung dalam dunia pelayaran wajib mengetahui dan menguasai bagaimana tata cara menyelamatkan diri disaat terjadi Laka Laut. apalagi menggantungkan dirinya pada mata pencaharian sebagai nelayan, atau yang berkecimpung dalam dunia pelayaran, kesadaran tentang keselamatan pelayaran dan pencegahan pencemaran laut merupakan hal yang sangat penting,” Jelasnya.

Kemudian, pihak Politekhnik Pelayaran Surabaya, melalui Direktur Ir. Taofik Efendy secara simbolis menyerahkan bantuan berupa life jacket /pelampung kepada masyarakat nelayan dari Kalianget dan Talango

selanjutnya, salah satu Dosen dari Politehnik Pelayaran Surabaya Ir Mulyatno Budi menambahkan, lingkungan hidup yang ada di sekitar perlu diselamatkan. karena, perairan laut merupakan tanggung jawab kita bersama. Sebab, alam laut merupakan tempat kita bermata pencaharian, untuk mencari nafkah buat keluarga para nelayan maupun bukan nelayan, baik kita yg hidup dalam pelayaran kapal muat penumpang,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Serka Amin Koramil 0827/02 Kalianget sangat mendukung kegiatan Sosialisasi Penyuluhan dan Keselamatan Pelayaran. Sebab, Pencegahan Pencemaran Laut sangat penting untuk dilakukan, guna mengantisipasi banyaknya korban saat terjadi kecelakaan di laut. sebab, kita semua tidak ingin kejadian kemarin terulang kembali,” pungkas Serka Amin.
(and/Noung daeng/pendim)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top