Pilkada Serentak Gelombang 1 Akan Segera Di Mulai Untuk 174 Desa Di Wilayah Daratan Kabupaten Sumenep

Pilkada Serentak Gelombang 1 Akan Segera Di Mulai Untuk 174 Desa Di Wilayah Daratan Kabupaten Sumenep

Politik 0 Comment 21

SUMENEP,Gemantara News

Mengacu Pada Keputusan Bupati Sumenep, DR. K.H A.Busyro Karim, M.Si, Pelaksanaan Pilkades Serentak dibagi Menjadi dua tahapan. hingga, Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, telah mengeluarkan jadwal waktu pelaksanaan Pilkades Serentak di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jum’at (14/6/2019).

Acuan pada keputusan Bupati tersebut, Gelombang I dimulai pada Hari Kamis tanggal 7 November 2019  untuk 174 desa di wilayah daratan. Namun, untuk Pilkades Gelombang ke II untuk 52 Desa yang berada di wilayah kepulaun akan digelar hari Kamis tanggal 14 November 2019.

Moh. Ramli, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumenep mengatakan, dengan adnaya ketetapan waktu yang telah disetujui oleh Bupati Sumenep, maka bisa menjadi acuan dalam melakukan batasan tahapan Pilkades.

“Adapun batas akhir pengumuman dan pembukaan pendaftaran bakal calon kepala desa (Bacakades), maksimal 16 Agustus 2019.

Sementara, maksimal pengumuman pembukaan pendaftaran bakal calon kades akan diumumkan pertengahan Agustus. tapi, Jika dibuka sebelum pertengahan Agustus, itu lebih baik,” Katanya. Jumat 14/06.

Menurutnya, ada beberapa jumlah desa yang sudah mulai membentuk panitia Pilkades sejak Januari. Tapi, tahapan Pilkades serentak, perlu adanya penyesuaian yang mendasar sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan DPMD. sebab, panitia Pilkades sudah diperbolehkan membuka pengumuman pendaftaran Bacakades sebelum atau sesudah tanggal 15 juli. Tapi, Panitia Pilkades dibentuk oleh BPD, dan Pendataan Hak Pilih Pilkades maksimal dilakukan 15 Juli 2019,” Tuturnya.

Dia juga menambahkan, kalau dalam hitungan normal pengumuman pendaftaran Bacakades harus dibuka sejak tanggal 16 Agustus itupun tidak bisa dikurangi maupun ditambah karena, semuanya untuk menakar waktu,” Imbuhnya.
(Noung daeng)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top