PERKARA PIDANA TERDAKWA ARIFIN TIDAK LAYAK DILANJUT, PASALNYA TERDAKWA MENGALAMI DEPRESI

PERKARA PIDANA TERDAKWA ARIFIN TIDAK LAYAK DILANJUT, PASALNYA TERDAKWA MENGALAMI DEPRESI

Hukum 0 Comment 29

SUMENEP, GemantaraNews

Perkara pidana terdakwa Arifin bin Mohammad Hatta yang didakwa melanggar pasal 351 ayat (2) KUHP layak dipertimbangkan, Pasalnya, dalam persidangan tersangka ( arifin ) tidak mampu mempertanggung jawabkan perbuatannya, sebab tersangka mengalami dipresi.

Pasalnya, BAP nya Sakrani Kepala Desa Kalikatak menjelaskan, arifin mengalami depresi karena ditinggal Istrinya empat tahun yang lalu. sehingga, terdakwa harus dilakukan pemeriksaan kejiwaan sebagai pembuktian bahwa persidangan terdakwa tidak layak dilanjutkan. dikwatirkan dipersidangan terdakwa ( arifin ) tidak bakalan mampu mencerna pertanyaan pertanyaan persidangan. semestinya, sebelum dilakukan persidangan tersangka (arifin) sudah diperiksa kejiwaan pada waktu tingkat penyidikan,” katanya.

Sementara itu, Ahmad Zaini, SH kuasa hukum tersangka ( arifin ) menyatakan, dalam perkara pidana terdakwa yang dialami kliennya, memang didakwa melanggar pasal 351 ayat (2) KUHP. Tapi, dakwaan ini tak layak dilanjutkan, karena dipersidangan dia tak mampu menjelaskan peristiwa pidananya.

Dalam hal ini, tersirat bahwa arifin ini tak mampu mempertanggungjawabkan pidananya, sebab tersangka mengalami depresi semenjak ditinggal istrinya empat lalu. buktinya, dalam persidangan dia tidak mampu mencerna pertanyaan pertanyaan dipersidangan,” Katanya. Rabu, 3/6/2020.

Menurutnya, hal ini seperti yang disampaikan dalam BAP nya sakrani, kepala desa Kalikatak, menjelaskan bahwa, tersangka (arifin) mengalami depresi karena ditinggal istrinya empat tahun yang lalu. sehingga dia mengalami depresi. Seharusnya tersangka (arifin ) sudah diperiksa kejiwaan pada waktu tingkat penyidikan. Tuturnya.

Hal ini, tertuang dalam pasal 44 ayat (1) KUHP berbunyi” tiada dapat dipidana barang siapa yang mengerjakan sesuatu perbuatan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kepadanya, sabab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal,” Jelas zaini kuasa hukum tersangka.

Harapannya, perkara pidana terdakwa arifin tidak layak dilanjut. pasalnya, keterangan dari BAP sakrani Kepala Desa Kalikatak bahwa terdawa arifin depresi. seharusnya, penyidik meminta dokter untuk memeriksa kejiwaan yang bersangkutan. karena depresi yang dialami terdakwa semenjak ditiggal istri empat tahun yang lalu,” Pungkasnya.

( Noung daeng )

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top