PENYULUHAN HUKUM TERPADU DI SMP NEGERI 1 KUALA HILIR

PENYULUHAN HUKUM TERPADU DI SMP NEGERI 1 KUALA HILIR

Berita Daerah 0 Comment 46

LABUHAN BATU UTARA, Gemantaranews

Penyuluhan Hukum terus masuk ke kelompok-kelompok Pelajar pada sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Labuhanbatu utara untuk memberikan pemahaman hukum. Hari ini Tim Dari polres berdesarkan surat Bupati Labuhan Batu Utara No : 180/1368/Hukum/2019 tanggal 02 Agustus 2019 prihal permintaan menjadi narasumber pada kegiatan penyuluhan Hukum Terpadu, yang mewakili dihadiri oleh Bapak Bripka Dr. Iskandar M. Sipayung, SH.MH, kejaksaan, Hakim Hrp dan Ketua PA Rantaupraat Drs. H. Bakti Ritonga, MH serta pihak Pemda Labura dan dewan guru Smp negri 1 kualuh hilir Kab. Labura

UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) menjadi isu penting yang dibahas.

Kegiatan yang dihadiri siswa tersebut di laksanakan di Aula SMP Negeri 1 Kuala hilir Kab. Labura, Bripka Dr. Iskandar M. Sipayung, kejaksaan, Hakim Hrp dan Ketua PA Rantaupraat Drs. H. Bakti Ritonga, MH serta pihak pemda labura dan Ketua Komite Sekolah, Dewan Guru Smp negri 1 kualuh hilir Kab. Labura, berharap para siswa serius dalam menerima materi penyuluhan hukum terpadu kepada siswa siswi sekolah Kegiatan dikemas selama 3 jam penuh.

Materi UU ITE/HOAX/UU SPPA di sampaikan oleh Bripka Dr. Iskandar Sipayung SH.MH.

Bpk Dr. Iskandar Muda Sipayung, SH.MH manyampaikan Kemajuan TI mengubah tatanan kehidupan manusia. agar pemanfaatannya di lakukan secara aman dan mencegah penyalahgunaan, masyarakat dan siswa siswi perlu mengetahui dan memahami adanya aturan yang menaunginya. Yaitu Undang-Undang RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Undang-Undang No.19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang RI No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Mari berhati-hati dalam menilai berita yang diterima melalui media sosial yang belum jelas kebenarannya,” ajaknya

berpesan pelajar dapat mengetahui apakah berita itu hoax atau fakta melalui situs resmi Pemerintahan setempat Republik ini. Apabila Siswa sekalian mengetahui adanya berita hoax dapat melaporkan ke Kemenkominfo melalui situs aduan konten.

Materi ini disampaikan untuk mengubah persepsi sebagian pelajar terkait pemahaman yang keliru yang beranggapan bahwa anak tidak dapat dihukum. Dimana, masih banyak tindak pidana yang dilakukan oleh anak. “Khususnya kasus penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Dalam UU SPPA, jelas mengatur keseluruhan proses penyelesain perkara anak berhadapan dengan hukum. Mulai tahap penyelidikan sampai dengan tahap pembimbingan setelah menjalani pidana.

Usai menerima materi siswa siswi SMP Negeri 1 Kuala hilir kab. Labura mendapat kesempatan mengikuti kuis berupa mengajukan pertanyaan dari siswa siswi kepada pemateri bagi mereka yang belum jelas mengaetahui isi materi, bagian Kesiswaan mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan, tandasnya.

” Kami merasa berterima kasih sekali dan memang sangat diperlukan, karena banyak anak-anak tidak tau UU ITE,” Katanya

Dengan adanya sosialisasi tersebut kepala Sekolah Dan pemkab Labura berharap bukan hanya kepada siswa siswi tetapi juga kepada Guru-Guru juga agar memahami secara keseluruhan, karena kami juga tidak tau UU tersebut jika tidak mendownload dan mempelajarinya (03/10)

” ITE ini kan persoalan yang luar biasa, sehingga anak-anak perlu memahami aturan sehingga dapat memanfaatkan TI dengan cerdas,” ucap Bapak Dr. Iskandar muda sipayung MH. Kepada jurnalis Gemntaranews.

” Kami akan berupaya bekerja sama dengan Pemkab Labura dan stekholder yang ada untuk menyampaikan informasi hukum ke seluruh lapisan masyarakat serta siswa siswi supaya dapat membantu peningkatan pengetahuan dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah sehingga ke depan pembangunan di Kabupaten Labura membutuhkan anak muda yang berkualitas khusus anak-anak di Kabupaten Labura, ucap Iskandar Muda Sipayung.(candra raid)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top