PENYALURAN BANSOS PEMPROV JABAR UNTUK KECAMATAN TIRTAMULYA KARAWANG, DATA KURANG SINGKRON

PENYALURAN BANSOS PEMPROV JABAR UNTUK KECAMATAN TIRTAMULYA KARAWANG, DATA KURANG SINGKRON

Berita Daerah 0 Comment 30

KARAWANG, GemantaraNews

Dimana-mana telah berlangsung Bantuan Sosial (Bansos) akibat dampak Covid-19, baik itu bantuan Presiden, Provinsi, Kota Madya, Kabupaten bahkan donator-donator dari masyarakat itu sendiri. Banyak masalah dalam penyaluran karena sistem penyaluran terkesan tidak matang bahkan data yang kurang valid sesuai harapan masyarakat.

Dari pantauan tim Jurnalis GemantaraNews, (Senin, 18/05/2020) dan keterangan bapak Didit Superpisor data TKSK yaitu di Kecamatan Tirtamulya data dari desa dikirim ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) kurang sempurna, dimana ajuan Kecamatan yang Non DTKS adalah 9148 kepala keluarga setelah dicek ulang data terbalik menjadi 8177 kepala keluarga penerima.
Tentu terjadi pengurangan data ajuan disebabkan; 1. Double Program dimana penerima telah mendapatkan Bansos dari pemerintah yang lain. 2. NIK yang invalid selanjutnya alokasi data penerima bantuan Pemprop adalah 2537 Kepala Keluarga non DTKS. Nilai jumlah total uang Bansos Provinsi yang akan disalurkan Rp.500 ribu dan dibagi berupa sembako senilai Rp.350 ribu selebihnya uang tunai langsung Rp.150 ribu rupiah.

Hal mekanisme penyaluran melalui perwakilan masyarakat yaitu ketua RT/RW dibantu Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Bicara mekanisme yang sudah dibangun dalam penyaluran Bansos itu ada celah untuk disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab karena lebih besar uang untuk Bansos Sembako dari pada uang tunai langsung. Yang menjadi pertanyaan kenapa harus dibagi bagi ?.

Dari pantauan di Kantor Pos Kecamatan Cikampek (Senin,18/05/2020) petugas kantor pos kurang memperhatikan aturan PSBB, para pengunjung yang cukup banyak mendatangi kantor pos itu, ini sangat berbahaya dalam penularan Covid-19 pada masyarakat itu sendiri.(Biro Karawang)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top