PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT DAN APARATUR TERHADAP PENANGGULANGAN BENCANA

PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT DAN APARATUR TERHADAP PENANGGULANGAN BENCANA

Berita Daerah 0 Comment 24

LAMPUNG TIMUR, Gemantaranews

Dalam rangka mensosialisasikan Perda no.13 tahun 2011 tentang Penanggulangan Bencana, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Lampung yakni, Muhammad Fadli,SH dan Drs.Tri Pranoto selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah beserta Staff BPBD Lampung Timur, juga para peserta lainnya yang terdiri dari Kepala Desa, Sertu Kaswanto (Babinsa), juga Aparatur Desa serta masyarakat, hadir dalam acara sosialisasi tersebut, pada hari Rabu 7 Agustus 2019.

Sekretaris BPBD Provinsi Lampung Muhammad Fadli, Dalam sambutannya mengatakan “Secara geografis Lampung untuk tingkat Bencana sangat tinggi, Maka sangat penting untuk dilakukan sosialisasi penanggulangan Bencana. Misinya adalah untuk mewujudkan peran aktif dalam penanggulangan Bencana pada yang terkena bencana”, ungkapnya.

Sementara itu Drs.Tri Pranoto Kepala BPBD Lam-tim, Pada Sambutannya mengatakan “Dalam penanggulangan Bencana Kita harus bersinergi segitiga yaitu, Peran Pemerintah, peran Masyarakat dan Dunia Usaha. Untuk penanggulangan Bencana kesiapan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah (untuk Kabupaten Lampung), mempersiapkan Posko Bencana, pemadam kebakaran yang akan di letakkan di Pasar Purbolinggo”, katanya.

Tujuan Penanggulangan Bencana :

-Memberikan perlindungan kepada masyarakat dan ancaman Bencana.
-Menjamin terselenggaranya Penanggulangan Bencana secara terencana dan terpadu, terkoordinasi secara menyeluruh.
-Membangun partisipasi dan kemitraan publik serta swasta.
-Mendorong semangat gotong royong kesetia kawanan dan kedermawanan.
-Menciptakan perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

Yang bertanggung jawab Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. BPBD dalam melaksanakan tupoksinya dapat melibatkan masyarakat, lembaga kemasyarakatan, lembaga usaha.

Jadi hasil pelatihan atau sosialisasi penanggulangan Bencana Daerah sangat bermanfaat bagi masyarakat baik untuk pasca Bencana saat terkena Bencana.(Ip.Biro lamtim)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top