PENGUNGSI ETNIS ROHINGYA DIRELOKASI KE BLK KOTA LHOKSEUMAWE

PENGUNGSI ETNIS ROHINGYA DIRELOKASI KE BLK KOTA LHOKSEUMAWE

Berita Daerah 0 Comment 22

LHOKSEUMAWE, GemantaraNews

Pengungsi Etnis Rohingya dipindahkan ke Balai Pelatihan Kerja (BLK) di Desa Meunasah Mee Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe, pada Jum’at Siang (10/07/2020).

Menurut pantauan jurnalis, Pemindahan imigran ini dibantu dukungan dari sejumlah LSM dan NGO asing seperti UNHCR dan IOM dan dihadiri Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, Walikota Lhokseumawe Suadi Yahya, Kepala Imigrasi Kelas II A Fauzi, Dandim 0103/Acut Letkol. Agung Sukoco, proses pemindahan pengungsi Rohingya tersebut dijaga dengan ketat, mereka di data satu-persatu baik saat sebelum berangkat maupun setelah tiba di lokasi penampungan.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.Ik, M.H saat diwawancarai mengatakan, “Kegiatan kita pada hari ini adalah penyerahan secara simbolik dari Kantor ke Imigrasian kepada Walikota Lhokseumawe dan juga dilakukan pemindahan para pengungsi Rohingya dari Kantor Eks Imigrasi ke Kantor Balai Latihan Kerja,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, “Nantinya kita sebagai aparat keamanan baik dari Unsur TNI Polri serta Satpol PP nanti kita sama-sama melakukan pengamanan terkait dalam hal keamanan di tempat ini, kita akan melakukan sift jaga terkait pengamanan aktivitas di lokasi ini,” imbuhnya.

“Para pengungsi juga nanti nya diberikan pelajaran-pelajaran dan juga ilmu pengetahuan oleh para relawan satgas, dan juga disosialisasikan bagaimana aturan serta adat yang berlaku di daerah kita ini.” Tandasnya.

Disisi lain, Walikota Lhokseumawe Suadi Yahya saat diwawancarai mengatakan, “Kita melihat lokasi BLK ini lebih layak ketimbang dengan lokasi di Eks Kantor Imigrasi,” ungkapnya.

Pihaknya tetap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Sehingga selalu berupaya bekeerjama dengan NGO asing untuk tetap membantu dan memenuhi kebutuhan warga Rohingya, lanjut nya.

Dia mengaku, kebutuhan stok logistik muslim Rohingya masih cukup untuk dua bulan mendatang. (Sayed Pasee)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top