PEMERINTAH PROVINSI  LAMPUNG DAN  INDONESIA PORT CORPORATION ( IPC )  RESMIKAN  KAPAL PEMBERSIH SAMPAH LAUT.

PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG DAN INDONESIA PORT CORPORATION ( IPC ) RESMIKAN KAPAL PEMBERSIH SAMPAH LAUT.

Berita Daerah 0 Comment 50

LAMPUNG, Gemantaranews

Pemerintah Provinsi Lampung bersama PT. Pelindo II cabang Panjang Indonesia Port Corporation (IPC Panjang ) meresmikan pengoperasian Kapal Pembersih Laut Telok Betong di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung ,Rabu 31/07/2019.

Acara dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi , Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Purwadi Arianto ,GM Pelindo cabang Panjang (Lampung) ,Drajat Sulistiyo serta puluhan pejabat dari satuan kerja perangkat daerah terkait .
Dalam kesempatan diresmikan juga program laut bersih Oleh Pemprov Lampung .

Kapal tersebut dapat mengangkut sampah dengan Kapasitas mencapai Lima ton sampah untuk setiap kali beroperasi , dan diperkirakan kapal pembersih sampah laut bisa beroperasi lima kali dalam
sehari .
Kapal hanya bisa beroperasi di sekitar pelabuhan , juga akan menyisir kawasan pesisir pantai Teluk Lampung .

Arinal mengatakan Lampung adalah Provinsi yang kaya dengan sektor pertanian, laut dan budaya .
Apabila dari hulu sungai tidak bisa mengelola sampah dengan baik , maka hilir sungai sampai di muara akan menjadi tujuan akhir penimbunan sampah , dan mengakibatkan pencemaran , dengan sendirinya menimbulkan penyakit maupun bencana ekosistim laut , ujarnya .

Drajat Sulistiyo , mengatakan , sebelumnya kita sudah membeli kapal pembersih sampah laut berukuran besar di wilayah Lampung , dan kapal ini akan dioperasikan oleh 12 orang personil Pelindo .

Dan diharapkan untuk kedepannya akan ada penambahan kapal ,sehingga dengan adanya progaram ini ,dan bisa menjadi program Nasioanal , dalam arti tidak hanya di Lampung saja, ungkapnya .

Drajat Sulistiyo menambahkan, pemerintah juga harus menyiapkan fasilitas untuk memproses akhir sampah , dan memastikan tidak lagi diangkut ke darat dan bisa mengotori lingkungan .
Berharap juga kepada Pemprov menciptakan peraturan daerah terkait larangan kepada masyarakat tidak membuang sampah ke sungai maupun laut , tutupnya .(fk .nainggolan)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top