Pemerintah Daerah Kabupaten NIAS BARAT Gelar Pembukaan Musrenbang (RKPD) T.A 2020.

Berita Daerah 0 Comment 57

NIAS BARAT, Gemantaranews
Bertempat di Tokosa Hall Onolimbu kabupaten Nias Barat, KHENOKI WARUWU wakil Bupati Nias Barat membuka secara resmi pembukaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Barat T.A 2020 kamis (14/03/2019). Yang Disambut dengan tarian sekapur sirih sanggar Budaya Aekhula.

Thema ” Pemantapan Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mendukung Pertumbuhan masyarakat Berkualitas agar menuju Nias Barat Berdaya yang bermartabat”.

Pada acara penggelaran Musrebang yang di hadiri oleh Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Sc, Ketua TP. PKK Kab. Nias Barat Ny. Insani Faduhusi Daely, Kepala Bappeda Kab. Nias Barat Yohanes A. Halawa, Pimpinan Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab. Nias Barat dan Camat se-kabupaten Nias Barat serta sejumlah perwakilan Kades se-Kab. Nias Barat.

Hadir juga para Tokoh Masyarakat diantaranya mantan Sekda Nias Drs. FG. Marthin Zebua, Mantan Sekda Nias Barat Zemi Gulo, SH, Ketua DPP SALOM Ir. Yasiduhu Gulo, Ketua DPRD Ir. Nitema Gulo, M.Si, sejumlah Anggota DPRD Kab. Nias Barat, Tokoh Masyarakat Turunan Gulo, SP.,M.SP, Ka. Upt. Kehutanan Provsu Eta Fajar W Daeli, SP.,M.SP, Ketua KPU Kab. Nias Barat Famataro Zai, M.Th, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama Pastor Purwo Salib Suci Nias Barat, Pimpinan Gereja ONKP, Ketua Ormas, LSM dan Pers serta pemangku kepentingan lainnya.

Para Narasumber yang menyajikan materi pada Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2020 kali ini antara lain: Direktur Perencanaan dan Identifikasi Daerah Tertinggal: Rafdinal, S.Sos.,M.TP dg materi Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal. Kasubid Monitoring dan Informasi Bappeda Propinsi Sumatra Utara: Pahala Panjaitan, ST.,MT dengan materi Sinkronisasi Perencanaan dan Prioritas Pembangunan Provsu 2020. Kepala BPS Kabupaten Nias: Fredi Situngkir, S.Si.,M.Si dengan materi Indikator Makro dalam Perencanaan Pembangunan Kabupaten Nias Barat.

Kepala Bappeda menjelaskan dalam laporannya : ” bahwa Musrenbang merupakan Forum pertemuan antar Pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah, sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah sebagai dalam rangka membahas rancangan dokumen rencana pembangunan daerah menjadi rancangan akhir dokumen, rencana pembangunan daerah”, ujar Yohanes Halawa.

Sambutan Mewakili Tokoh masyarakat Drs. FG. Marthin Zebua menyatakan ” semangat menyampaikan bahwa Musrenbang kali ini merupakan Musrenbang menjelang akhir Periode Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat (periode 2016-2021)”.

” Oleh karenanya penting kita cermati, lihat dengan seksama pencapaian Visi dan Misi yang telah dikumandangkan pada kampanye saat proses Pilkada 2015 yang lalu. Kita tahu bersama bahwa hingga saat ini, Ibu Kota Kabupaten Nias Barat belum memiliki Sumber Air Bersih yang hal ini merupakan skala prioritas kebutuhan bersama. Kinerja Pemerintah selama ini perlu kita lihat apakah sudah sampai pada tatanan out-put, out come dan tatanan beneficieries dan feedback kepada masyarakat “, Sebut FG. Marthin Zebua.

Ketua DPRD Nias Barat mengatakan ” bahwa Musrenbang Kabupaten adalah rangkaian dari Musrenbang yang dimulai dari Musrenbangdes, Musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran yg sejalan dan merupakan hasil pembahasan dan skala prioritas yang telah disinkronisasi dan sutainalbe untuk perwujudan dalam pembangunan daerah. Sektor Pariwisata dan kelautan sangat strategis dalam membangun berbagai potensi yang ada dan bukan fokus terhadap promosi karena promosi adalah langkah berikut setelah pembangunan sarana dan prasarana pariwisata dilakukan “, ujar Nitema.

Musrenbang kali ini dibuka secara resmi Wakil Bupati Nias Barat : Khenoki Waruwu yang sebelumnya menyampaikan arahan dan bimbingan dengan mengatakan bahwa Musrenbang Kabupaten dilaksanakan sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Mentri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Musrenbang merupakan satu bagian yg penting dalam proses perencanaan pembangunan.

Forum Musrenbang juga sebagai proses penyusunan dokumen Perencanaan pembangunan daerah, bahwa daerah wajib menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), sebagai rencana pembangunan tahunan yang merupakan penjabaran dari RPJMD. Perencaanan merujuk pada lima pendekatan yaitu Politik, teknokratik, partisipatif, top-down dan bottom-up, jelas Wakil bupati.

Wakil Bupati menjabarkan beberapa item program yang telah terlaksana baik sektor Pendidikan, Perekonomian, Kesehatan Infrastruktur dan yang lebih membanggakan kita bahwa tahun ini Nias Barat membangun Rumah Sakit Daerah dari anggaran Kementrian Kesehatan RI sebesar kurang-lebih Rp. 36 Miliar.

” Pemerintah Daerah juga telah menjawab kebutuhan masyarakat melalui sekolah gratis, pupuk gratis dan rastra gratis disamping melakukan berbagai terobosan – terobosan lain termasuk peningkatan SDM berupa beasiswa bagi anak-anak Nias Barat dan izin belajar kepada ASN.

Wakil bupati Nias menambahkan ” Kami (pemerintah) menyadari bahwa tentu masih banyak kekurangan dalam implementasinya, dan saya Wakil bupati yakin bahwa dengan kebersamaan maka semua kendala, hambatan dan permasalah bisa dilalui dan bisa kita atasi bersama”.

” Oleh karena itu melalui Musrenbang ini kami harapkan kontribusi pemikiran, dukungan dan kerjasama yang baik demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan keutuhan Nias Barat yang kita cintai bersama “, Tutur Wakil bupati nias barat Mengakhiri.

Diakhir arahannya, Wakil Bupati nias barat atas nama pemerintah Daerah memberikan cenderamata kepada para Narasumber sebagai bentuk kehormatan. ( S. Gulo )

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top