PELATIHAN KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM)

PELATIHAN KADER PEMBANGUNAN MANUSIA (KPM)

Berita Daerah 0 Comment 93

LAMPUNG TIMUR, Gemantaranews

Kegiatan pelatihan pembangunan manusia yang di laksanakan secara swakelola oleh Kepala Desa. Namun dalam melaksanakan hal tersebut di atas forum Kepala Desa memberikan mandat kepada Sekretaris Desa untuk melakukan kegiatan dimaksud.

Dasar kegiatan pelatihan kader pembangunan manusia adalah Peraturan Bersama Kepala Desa se – Kecamatan Purbolinggo No. 01/Perma/07.08/2019, Pelaksanaan APBDes tahun anggaran 2019 Bidang 4 (empat) Pemberdayaan Masyarakat.

Maksud dan Tujuan pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) antara lain :
1. Mendorong peningkatan kualitas kader agar mampu Menjelaskan Stanting dan kegiatan Konvergensi Pencegahan Stanting.
2. Menjelaskan peran Desa dalam kegiatan Konvergensi Pencegahan Stanting.
3. Memahami bentuk Pengorganisasian Pelaku Konvergensi Pencegahan Stanting di Desa.
4. Mengenal manfaat dari “Tikar Pertumbuhan” sebagai alat deteksi dini Stanting.
5. Melakukan analisis Konvergensi pada formulir bantu penerimaan layanan.

Peserta pelatihan kader pembangunan manusia yang diikuti oleh kader yang di seluruh desa kecamatan Purbolinggo, dan setiap Desa sebanyak 5 orang peserta jumlah peserta dari 12 desa sebanyak 60 orang kader.

Dalam kegiatan ini di hadiri oleh Dinas PMD Kabupaten Lampung Timur yang di wakili oleh Indra Saputra, SH, camat Akih Sunaryo, S.Pd, M.Si, Babinkamtibmas AKBP Soetomo dan Kepala Desa Se-Kecamatan Purbolinggo dan segenap panitia pelaksana.

“Para peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat di implementasikan di setiap Desa dengan baik” ungkap Indra

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) yang terletak di Desa Taman Asri. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 14-15 Agustus 2019, dengan narasumber yang berkompeten.

Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Pusat agar di setiap Desa tidak ada lagi masalah Stanting atau Gizi buruk dan mampu pencegahan sejak dini terhadap ibu hamil dan balita khususnya dan juga terhadap masyarakat lansia.
(Biro. Lam-tim)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top