PANTAI PUNCAK GUHA TANPA HAMPARAN PASIR PUTIH DI GARUT SELATAN NAMUN SANGAT EKSOTIS

PANTAI PUNCAK GUHA TANPA HAMPARAN PASIR PUTIH DI GARUT SELATAN NAMUN SANGAT EKSOTIS

Budaya 0 Comment 26

GARUT, GemantaraNews

Garut merupakan suatu wilayah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Dahulu Garut terkenal dengan sebutan Kota lntan yang sebutan tersebut kini hampir memudar. Garut juga banyak memiliki ke-Khas’san serta Sejarah, Selain banyaknya beberapa Pesantren tempat menimba ilmu Agama (Agama lslam), Seni dan Budaya juga Destinasi Wisata.

Seperti halnya Destinasi Wisata pantai yang ada di Kabupaten Garut, mungkin orang-orang akan mengenalnya dengan Pantai Cilaut Eureun, Sayang Heulang, Santolo, Ranca Buaya saja. Tetapi ada salah satu pantai dengan sebuah Bukitnya yang menjorok Kelaut lepas begitu indah begitupun dengan keberadaan sebuah Guha (Goa), Oleh sebab itu pantai tersebut bernama Pantai Puncak Guha (Goa).

Pantai yang berada di Daerah Sinarjaya – Bungbulang, Kabupaten Garut ini memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dari pantai biasanya.
Pantai ini tidak memiliki hamparan pasir putih layaknya pantai biasanya. Hanya sebuah Semenanjung kecil dengan tebing bebatuan curam dimana diantara tebing terdapat sebuah goa kelelawar yang menghadap langsung ke laut selatan, Selain itu Pantai tersebut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Lokasi pantai ini yang jarang dijamah pengunjung, Beberapa sarana dan prasarana pun belum banyak tersedia di lokasi pantai indah di Garut ini.
Pantai Puncak Guha (Goa) ini tidak terlalu jauh dengan pantai Rancabuaya yang berjarak 2,Km

Namun jangan salah, walau pun tidak memiliki hamparan pasir putih pantai ini begitu eksotis dengan sebuah pemandangan ke-Laut lepas yang begitu luas bisa disaksikan dari atas tebing batu.

Saat pagi disuguhi oleh panorama alam yang sangat begitu indah dengan pemandangan warna air lautnya yang berwarna biru. Begitu juga dengan hamparan bukit-bukitnya yang berada di kanan kiri pantai puncak Guha tersebut.

Sore hari adalah waktu dimana segala keindahan akan muncul dari pantai ini, dengan menikmati keindahan sunset diatas tebing yang tinggi dengan deburan ombak yang menghantam begitu keras.

Namun Destinasi wisata ini hanya dikelola oleh warga setempat saja, belum ada campur tangan Pemerintah kabupaten atau pun Provinsi minimal melalui pihak Disbudparnya.Oleh karena itu warga masyarakat setempat berharap campur tangan Pemerintah Kabupaten atau Provinsi yang mungkin apabila dengan adanya campur tangan Pemerintah bisa menaikan kehidupan perekonomian masyarakatnya di Daerah tersebut.(Biro Garut)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top