MUSYAWARAH PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DESA TAMAN ASRI UNTUK ANGGARAN TAHUN 2021

MUSYAWARAH PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DESA TAMAN ASRI UNTUK ANGGARAN TAHUN 2021

Berita Daerah 0 Comment 41

LAMPUNG TIMUR,
Gemantaranews

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan .

Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP -Desa ) adalah dukumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun , dan merupakan penjabaran dari RPJM – Desa yang memuat rancangan kerangka pendanaan yang dimutahirkan , program perioritas pembangunan desa rencana kerja , baik yang dilaksanakan secara langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa .

Musrenbangdes tahunan juga dilaksanakan di desa Taman Asri Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur , yang dilaksanakan diaula Balai Desa Taman Asri Selasa 01/10/2019 pukul 10. Wib .

Turut hadir dalam musrenbangdes , Camat Purbolinggo , Akih Sunarya S.Pd ,MSi beserta Forkopincam , Danramil 0429 -06/Purbolinggo Kapten Inf.Redi Kurniawan yang diwakili Serka Yudianto , serta Kepala Desa Taman Asri Titra Irawan serta perangkat Desa dan tamu undangan masyarakat berbagai elemen.

Sebagai kata sambutan dari Kades Taman Asri Titra Irawan mengatakan , hasil Dana Desa tahun 2019 ini , di gunakan bentuk Fisik maupun non Fisik , kita bisa melihat sendiri pembangunan infrastruktur dari dusun 1 (satu) sampai dusun 4 (empat) secara merata ,baik itu pembangunan Drainase , Jambanisasi , Sumur bor dan pembangunan Embung (tadah air) dan lainnya.

Pembangunan Desa 2019 , Titra Irawan membuka rekaman pelaksanaan pembangunan melalui Proyektor ,sehingga warga desa mengetahui seluruhnya apa saja yang di bangun dari Dana Desa dan Alokasi Desa 2019.
Dikatakan DD atau ADD digunakan juga untuk pemberdayaan warga, tuturnya.

Camat Purbolinggo ,Akih Sunarya dalam sambutan mengutarakan , pelaksanaan pembangunan desa tahun 2019 sudah di utarakan Kepala Desa secara rinci .
Dan untuk program pembangunan desa tahun 2021 , sudah diawali dari musrenbangdus , dan untuk itu pada musrenbangdes di sempurnakan menjadi pedoman untuk dibawa ke Musrenbangcam , ujarnya .

Ditegaskan lagi perumusan pembangunan di desa , disesuaikan dengan kebutuhan warga di desa tersebut, menurut usulan yang dirinci bersama warga .
Dan seluruh kebutuhan masyarakat diprioritaskan secara bertahap ,kendatipun tidak semua usulan tidak dipenuhi pemerintah , dan saya harap warga memahami karena desa juga memiliki keterbatasan Dana yang dikucurkan ,paparnya .

Senada dengan itu ,karena sudah berakhirnya masa periode Kepala Desa ,untuk itu diadakan pemilihan Kades untuk periode tahun 2020 -2025 , dari calon kades yang hadir dalam musrenbangdes, Kasi Pemerintahan Kecamatan Purbolinggo Maryanto , memberi paparan dan pesan kepada para calon Kades sesuai dengan undang undang yang berlaku.(fk.nainggolan /anton)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top