MENINGKATNYA CURAH HUJAN PERUMAHAN PANORAMA JADI SANTAPAN BANJIR

Peristiwa 0 Comment 14

PURWAKARTA, Gemantara News

Banjir merupakan suatu kondisi dimana terjadi luapan air yang terlebih,yang mengakibatkan terendamnya suatu wilayah,salah satunya wilayah Perumahan Panorama Indah terletak di pusat kota Purwakarta,tidak seindah nama nya, karena wilayah tersebut sejak 2012 masyarakat penghuninya yaitu kelurahan Ciseureuh; kelurahan munjul jaya dan kelurahan Nagri Kaler, jadi langganan banjir.

Warga masyarakat sekitar mengeluh adanya setuasi banjir yang sering terjadi si saat musim hujan,adapun Dinas Teknis Tidak
bisa menangani, atau terkesan seolah olah tutup mata dengan banjir itu.

Perumahan Panorama Indah Kabupaten
Purwakarta sering terjadi dan menjadi bulan-bulanan atau santapan banjir.

Perumahan tersebut, dibilang wilayah kota yang terletak di Kecamatan Purwakarta Kota, ada terkesannya lemahnya penanganan Dinas Tataruang Perumahan dan Permukiman maupun Dinas P U Bina Marga dan Pengairan (PUBMP) dalam penanganan drainase Perumahan Panorama Indah, yang terdiri dari 3 Kelurahan yang terletak di titik pusat kota, (kecamatan Kota Purwakarta) Kabupaten Purwakarta.

Ke tiga kelurahan terdiri dari, Kelurahan Munjul Jaya,Kelurahan Nageri Kaler,Kelurahan Ciseureuh. Sudah sering terkena banjir dari tahun 2012 sampai saat ini.
Dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini selalu terkena banjir, ini yang menjadi perhatian bagi masyarakat di tiga kelurahan ini. Namun pihak dinas terkait tidak tanggap adanya masalah untuk penanganan banjir tersebut, seolah-olah tutup mata.

Diperhitungkan dalam tahun 2012 kerugian material maupun materi masyarakat yang tinggal di perumahan Panorama Indah, tidak pernah dianggap dari pemerintahan. Setiap pergantian Pimpinan Daerah maupun Dinas Teknis hanya menjadi isapan jempol belaka saja. Kekecewaan masyarakat yang tinggal di perumahan sudah sering melaporkan hal kebanjran mau dimusim curah hujan ataupun tidak dimusim penghujan.

Ketua DPC IPJI Kabupaten Purwakarta ( Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia ) Dedi Pranata Hutagalung, ditemui di lokasi tempat kediaman Perumahan Bukit Panorama Indah, mengatakan “Banjir sudah sering terjadi di perumahan panorama indah. Namun sangat disayangkan, penanganan sudah pernah dilakukan pelebaran di kelurahan cisureuh arah jalan KNPI jalur air dekat dinas tenaga kerja untuk dreainase oleh pihak pengusaha Kontraktor. tapi hasilnya tetap saja tidak bisa dioptimalkan. Ucap Dedi Ketua DPC IPJI Kabupaten Purwakarta.

Dedi menambahkan, hari ini tanggal 10 Januari hujan tidak begitu lebat namun bisa banjir begini sampai-sampai ada beberapa rumah yang masuk air kerumah hingga setinggi mata kaki. Besok akan kita minta dari dinas teknis untuk menanyakan untuk penanganan banjir yang terjadi hari ini, mudah-mudahan kedepannya agar tidak terjadi lagi banjir di perumahan panorama indah ini. Soalnya kita di panorama sangat kerugian materil maupun materi kalau sudah banjir saat ini, banyak perabotan rumah tangga masyarakat terkena bajir.
Mohon kepada Ibu Bupati agar bisa melihat masyarakat yang di Perumahan Panorama Indah, ini kan perumahan yang luas dan reteribusi pajak dan lainnya sudah termasuk untuk PAD kabupaten Purwakarta. Tegas Dedi.(Endin)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

Back to Top