MEMALUKAN,  TAURAN  ANTAR ORMAS DI CIKAMPEK KARAWANG JAWA BARAT

MEMALUKAN, TAURAN ANTAR ORMAS DI CIKAMPEK KARAWANG JAWA BARAT

Kriminal 0 Comment 170

KARAWANG, GemantaraNews

Belum lupa dalam ingatan baru beberapa bulan yang lalu antara ORMAS bentrok berkelahi di bawah kolong jembatan wilayah Cikampek Karawang, warga sekitar dibuat panik dan merasa ketakutan dan pedagang sekitar menjadi terganggu.
Dihari Raya Idul Fitri saat ini, terjadi lagi bentrok antar Ormas ditempat yang sama, (Rabu 27/05/20) sekitar pukul 14.00 Wib.

Aparat kepolisian Polres Karawang bersama TNI bekerja keras untuk mengamankan/menenangkan kedua kelompok Ormas yang bentrok agar tidak meluas mengganggu ketertiban umum di sekitar kolong Jembatan Layang Cikampek. Sehari sebelum bentrok kedua belah pihak sudah membuat surat pernyataan perdamaian, namun terulang lagi suasana menjadi lebih mencekam.

Cikampek Karawang gudangnya Ormas termasuk pusatnya perekonomian, pusatnya Industri, ada Limbah Industri, bursa tenaga kerja pabrik, pasar umum, terminal Bus, pusat pertokoan, lahan parkir, lapak-lapak pedagang kaki lima, dan lain-lain. Inilah yang menjadi lahan-lahan bisnis perebutan kekuasaan antara sesama Ormas lain tanpa kontrol tanpa kendali, tanpa pengawasan, oleh pihak-pihak yang berwenang. Intinya siapa yang kuat dialah yang berkuasa. Berlabel ormas/LSM tapi gaya premanisme.

Disinilah peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kabupaten Karawang untuk pembinaan Ormas/LSM di era otonomi daerah pembangunan demokrasi antara lain; adanya kesepakatan terhadap nilai-nilai dasar, ideologi dan cita-cita untuk bersatu menjadi suatu bangsa (integrasi normatif). Adanya rasa ketergantungan fungsional dan manfaat fungsional yang konkrit dari tiap Ormas/LSM terintegrasi dalam suatu kesatuan. Adanya kekuatan dalam menjaga komitmen tiap Ormas/LSM untuk menciptakan kestabilan dan keteraturan (integrasi koersif).

Ormas/LSM harus benar benar nyata kegiatannya membantu masyarakat, santun dan bermartabad bukan menjadi gaya premanisme yang menakutkan, teraplikasi dalam program yang berkesinambungan, baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Kalau tidak dibina dan ditata dengan baik dapat dipastikan akan lebih bahaya ditengah tengah masyarakat. KESBANGPOL Karawang punya tanggung jawab besar dalam pembinaan kedepan. (Biro Karawang)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top