MASYARAKAT KEUREUTOE LAKSANAKAN KEGIATAN KAHANDURI ADAT ISTIADAT TURUN KESAWAH.

MASYARAKAT KEUREUTOE LAKSANAKAN KEGIATAN KAHANDURI ADAT ISTIADAT TURUN KESAWAH.

Budaya 0 Comment 11

LHOKSUKON , GmantaraNews

Masyarakat gampong keuretou kecamatan lapang aceh utara laksakan khenduri peusijuk Blang(tepung tawar sawah)

Geusyik gampong keureuto,Maulidin mengatakan Acara khanduri peusijuk blang ini merupakan suatu adat jaman dahulu hingga sekarang masih terus dilakukan oleh para generasi masyarakat umum nya di aceh,ungkap Maulidin.
“ini kita lakukan merupakan sebuah tradisi adat istiadat aceh dari nenek moyang kita dahulu,Acara khenduri blang ini dihadiri oleh tokoh tokoh masyarakat desa dan masyarakat setempat terutama para petani umum nya”
Ia menambahkan, luas area persawahan yang ada di kampung keureutoe ini berjumlah 75 hektar secara keseluruhan nya.
“kita disini sebelum turun kesawah itu secara musyawarah bersama harus melaksakan dulu adat seperti biasa nya yaitu khanduri dulu seperti yang dilakukan oleh nenek moyang kita ” jelasnya.
Untuk pelaksanaan acara adat khanduri blang ini dilakukan dengan biaya yang dari swadaya masyarakat dan para petani luar daerah yang ada lahan persawahan dikampung keureutoe tersebut.

Adapun makanan yang disaajikan untuk acara tersebut yaitu berdoa bersama memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT agar menjauhkan dari segala bahaya dan kemudahaan rizki masa panen nya nanti.

Sekitar ratusan lebih masyarakat yang menghadiri acar adat tersebut mulai dari kalangan muda kaum ibu ibu dan para perangkat desa lain nya. Makanan yang disajikan berupa masakan gulai kambing ,nasi putih dimasak lalu disajikan,tutup maulidin.
(Hamdani)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top