LPI DARUL FATA GAMPONG COT BARAT BUTUH MCK DAN TEMPAT WUDHU YANG LAYAK

LPI DARUL FATA GAMPONG COT BARAT BUTUH MCK DAN TEMPAT WUDHU YANG LAYAK

Berita Daerah 0 Comment 31

LHOKSUKON, Gemantaranews

Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Balai Pengajian Darul Fata Gampong Cot Barat Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, merupakan satu-satunya tempat pengajian yang digunakan warga sekitar yang dibangun sejak 2011, kemudian dilakukan renovasi pada tahun 2015. Namun sudah hampir 4 tahun terakhir tidak tersedia MCK dan tempat wudhu yang layak.

Pembangunan Balai Pengajian ini awalnya dari swadaya masyarakat sekitar, kemudian mendapatkan bantuan dari  Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2015. Selanjutnya dipihak Balai Pengajian itu sendiri pernah mengajukan untuk pembangunan MCK dari Anggaran Dana Desa tahun 2017 namun tidak terpenuhi.

Pinpinan Balai Pengajian Darul Fata Tgk. Irwansyah saat di jumpai Jurnalis Gemantara News pada Senin (09/09/2019) mengatakan “Untuk sementara ini jamaah terpaksa menggunakan tempat wudhu dan WC dengan kondisi seadanya yang kecil dan dipakai bersamaan antara laki-laki dan perempuan” jelasnya.

Ia juga menambahkan “Balai Pengajian ini menampung 78 santri dan santriwati dari keluarga kurang manpu dengan taraf pengajian Sore setelah pulang sekolah dan malam hari, kemudian setiap Jum’at pagi ada majelis pengajian ibu-ibu dengan 35 orang jumlah anggota, sedangkan malam minggu kitab kuning khusus untuk bapak-bapak. Kami sangat mengharapkan adanya tempat Buang air kecil dan tempat wudhuk yang layak agar kebersihan dan kesuciannya terjaga” lanjutnya.

“Menyikapi aspirasi yang disampaikan oleh para wali santri dan santriwati Pimpinan Balai Pengajian Darul Fata enggan menyampaikannya kepada wali-wali santri yang lain karena mengingat kondisi ekonomi yang sangat morat marit” tutupnya. (Saiful Tanlus)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top