KPUD Kota Gunungsitoli Gelar ” SIMULASI” Pemungutan dan Perhitungan Suara di Desa Dahadano Gawu – Gawu – Gunungsitoli

Politik 0 Comment 260

KOTA GUNUNGSITOLI, Gemantaranews.com

Menjelang pelaksanaan Pemilu serentak pada hari rabu 17 april 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Gunungsitoli Propinsi sumatera utara mengelar ” SIMULASI” Pemungutan dan Perhitungan suara bertempat di TPS I (satu) desa Dahadano gawu – gawu kecamatan Gunungsitoli, selasa (09/04/2019) di mulai pukul 07.00 wib.

Pelaksanaan kegiatan “SIMULASI” turut di hadiri oleh Ketua dan komisioner , sekretaris serta jajaran KPUD kota Gunungsitoli, ketua DPRD kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, Ketua Panwaslucam Gunungsitoli Martinus Gea, Panwaslucam se-kota Gunungsitoli, PPK se-kota Gunungsitoli, Kepala desa Dahadano Gawu – Gawu Lestari Harefa, S.P.d, Panwaslu Desa Setiaman lase, Ptps 1 Evan Ziduhu lase, PPS, KPPS, linmas dan warga masyarakat TPS I Desa Dahadano Gawu – Gawu serta Partai Politik kota Gunungsitoli.

Plh. Ketua KPUD kota Gunungsitoli Juliman Berkat Harefa membuka secara resmi kegiatan pelaksanaan “SIMULASI” Pemungutan dan Perhitungan suara tersebut.

Dalam sambutannya, Juliman Berkat Harefa menjelaskan kegiatan ‘SIMULASI’ Pemungutan dan perhitungan suara yang kita laksanakan hari ini sama persisnya pada Pemilu 17 april 2019 ini, untuk memilih Presiden dan wakil Presiden, DPD-RI, DPR-RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota.

“Mari mengikuti dan menyukseskan kegiatan ‘SIMULASI’ ini sampai selesai, dan menghimbau seluruh warga masyarakat TPS I Desa Dahadano Gawu – Gawu untuk menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani, Jangan Golput..!!”, ujar Juliman B. Harefa.

Ketua DPRD kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa dan juga sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kota Gunungsitoli dalam sambutannya menyatakan : “sebagai ketua DPRD kota Gunungsitoli menyambut baik kegiatan ‘SIMULASI’ ini, kami sudah on time di lokasi pada pukul 07.00 wib pagi. Sebagai peserta pemilu tahun 2019 ini, Pelaksanaan kegiatan ini sangat penting karena dapat melihat langsung Proses Pemungutan dan Perhitungan Suara serta daat berbagi ilmu pada saksi-saksi kami nantinya di TPS “, tuturnya.

” kita berharap partipasi pemilih khususnya TPS I desa Dahadano Gawu – Gawu, dan berharap kepada Pemerintah desa (Kepala desa) mengajak warga masyarakatnya untuk berkontribusi menyukseskan kegiatan ‘ SIMULASI’ pada hari ini, semoga antusias warga TPS I mencapai 99 % Pemilih “, Ungkap Herman Jaya Harefa.

Mewakili BAWASLU kota Gunungsitoli, Ketua Panwaslucam Gunungsitoli Martinus Gea mengatakan” atas nama pengawas Pemilu di tingkat kecamatan Gunungsitoli mengapresiasi kegiatan “SIMULASI’ yang di rancang KPUD kota Gunungsitoli saat ini”.

” Tentu melalui kegiatan ‘SIMULASI’ ini, kita mampu melaksanaan hal-hal yang sifatnyaTekhnis pada Pemilu 2019 ini, karena ada banyak tantangan bagi rekan – rekan Ptps dalam mengawasi Pemungutan dan rekapitusi perhitungan suara. Karena baru sejarah Pemilu di Indonesia, dilaksanakan serentak dengan membuka 5 (lima) kotak suara. Kami berharap Pelaksana di lapangan baik KPPS, Ptps dan semua Staekholder mampu mengikuti dan melakukan semua proses tahapan Pemilu khususnya di wilayah kota Gunungsitoli berjalan dengan baik”, Jelas Martinus Gea.

menanggapi pelaksanaan kegiatan simulasi tersebut Kepala desa Dahadano Gawu – Gawu Lestari Harefa, S.Pd, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada KPUD kota Gunungsitoli dimana TPS I Desa Dahadano Gawu – Gawu di tunjuk sebagai sample pelaksanaan kegiatan ‘SIMULASI’ Pemungutan dan perhitungan suara.

Menurut pantauan wartawan, kegiatan ‘SIMULASI’ di mulai pukul 07.00 wib dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pengambilan Sumpah oleh Ketua KPPS Mestiwati Harefa pada anggota KPPS, Linmas (Pam TPS), perwakilan saksi politik, Pembukaan Kotak suara, Perhitungan surat suara dalam kotak suara baik surat suara Presiden dan wakil presiden, DPD-RI, DPR-RI, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten/kota, mengecek semua logistik isi dalam kotak suara, dan proses pemungutan suara bagi pemilih yang sudah mendaftar.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS I desa Dahadano Gawu-Gawu sebanyak 152 pemilih, sehingga Jumlah suara untuk TPS I = 152 lembar di tambah 2,% cadangan sehingga total kertas suara sebanyak = 156 lembar.

Selama proses pelaksanaan kegiatan ‘SIMULASI’ pemungutan dan Perhitungan suara di desa Dahadano Gawu – Gawu berjalan aman, lancar dan kondusif. (St. Lase).

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top