KORBAN TERIMA BANTUAN DARI DINSOS DAN BPBD PASCA KEBAKARAN DI PAYA BAKONG

KORBAN TERIMA BANTUAN DARI DINSOS DAN BPBD PASCA KEBAKARAN DI PAYA BAKONG

Berita Daerah 0 Comment 13

LHOKSUKON, GemantaraNews

Pasca terjadinya kebakaran yang menghanguskan 19 ruko dan 1 unit rumah di Paya Bakong Aceh Utara, Jumat dini hari tadi, Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik kepada korban bencana kebakaran tersebut, Jumat (25/10/2019).

Hasil pantauan di lapangan Gemantara News. Com kerugian materil akibat musibah kebakaran tersebut diperkirakan mencapai 4 miliar rupiah. Korban pemilik ruko dan rumah yang terbakar tersebut dibantu warga mencari sisa-sisa barang di bekas bangunan yang terbakar.

Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utara Zulkarnaini mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan masa panik berupa sandang pangan seperti beras, sarden, mie instan, pakaian dan kain sarung. Bantuan tersebut  langsung diserahkan melalui kepala desa didampingi Muspika Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara.

Selain bantuan dari Dinas Sosial, untuk korban bencana kebakaran BPBD Aceh Utara juga telah membantu membangun posko bencana dan paket tanggap darurat, berupa tenda penampungan pengungsian, serta paket makanan mie instan, tikar alas, gula dan minyak makan serta lainnya. Bantuan dari BPBD Aceh Utara diserahkan melalui Muspika Kecamatan Paya Bakong yang diterima Keuchik Desa setempat.

Kepala BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah, mengatakan sesuai arahan dari bupati Aceh Utara telah membantu dapur umum dan  selama lima hari. BPBD Aceh Utara juga akan terus melakukan pendataan untuk meneruskan laporan ke provinsi, untuk rehap rekon pasca kebakaran terjadi yaitu pemberdayaan ekonomi para korban.

Ia menambahkan bantuan yang disalurkan masa panik pihak nya telah menyerahkan langsung seluruh bantuan dari BPBD aceh utara melalui muspika kecamatan paya bakong diterima oleh geuchik desa setempat.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hebat terjadi di pemukiman warga Keude Paya Bakong, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, Jumat dini hari (25/10/2019), Pukul 03.00 WIB.

Akibat kebakaran itu, 19 rumah toko (ruko) dan 1 rumah warga di daerah itu hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dari musibah tersebut.

Kebakaran itu diduga disebabkan korsleting listrik (arus pendek). “Penyebab pastinya masih dalam penanganan pihak yang berwajib,” kata Petugas Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dalam keterangan tertulisnya yang diterima Gemantara News. Com, di lokasi kejadian

BPBD Aceh Utara menginformasikan kepada Pusdalops BPBA bahwa terdapat 21 kepala keluarga dengan total 70 jiwa terdampak akibat kebakaran tersebut dan harus mengungsi ke tempat penampungan sementara untuk diperhatikan selama masa panik.
Lapran. ( Hamdani/Sayful Tanlus)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top