KONDISI PENDIDIKAN DI PEDALAMAN ACEH PERLU PENINGKATAN SDM LOKAL UNTUK PEMBANGUNAN DAERAH MASA DEPAN

KONDISI PENDIDIKAN DI PEDALAMAN ACEH PERLU PENINGKATAN SDM LOKAL UNTUK PEMBANGUNAN DAERAH MASA DEPAN

Berita Daerah 0 Comment 21

MEULABOH, GemantaraNews

Senator DPD RI asal Aceh HM Fadhil Rahmi berharap, lembaga pendidikan di pedalaman Aceh untuk menyiapkan SDM local yang mampu berkiprah untuk membangun daerah di masa depan.

Hal ini disampaikan Syech Fadhil demikian sosok ini biasa disapa. Dalam silaturahmi dengan jajaran civitas akademika STAIN Teungku Dirundeng, Selasa siang, 9 Maret 2020, Kunjungan ini sendiri dalam rangka reses senator muda asal Aceh itu di wilayah tengah dan barat selatan Aceh.

Reses ini berlangsung hampir 10 hari lamanya. Dalam kunjungan itu, Syech Fadhil menerobos sejumlah pedalaman di wilayah tengah dan Barsela.
Dalam sejumlah tempat yang Kami kunjungi terutama di pedalaman, pengajarnya kurang. terutama yang berasal dari daerah setempat, terang Syech Fadhil.

“Ada beberapa PNS yang ditempatkan di sekolah pedalaman saya tanya, kebanyakan dari mereka pasti ingin pindah. Ini mengapa saya harapkan agar sekolah-sekolah menggembleng anak-anak setempat agar kelak mereka bisa menyambung pendidikan tadi untuk adik-adik mereka di masa depan”, katanya.

Syech Fadhil juga mengatakan, pemerataan pembangunan di pedalaman Aceh harus dimulai dengan akses pendidikan. Pendidikan dinilai menjadi ujung tombak dalam pembangunan di Aceh. Namun persoalan yang terjadi, banyak pendidikan yang mengabdi di pedalaman Aceh berharap suatu saat diangkat jadi PNS. Usai lulus PNS minta pindah ke daerah yang dekat dengan tempat tinggalnya”, ujarnya.

Persoalan ini, kata dia, menjadi hal yang serius serta harus menjadi pembahasan ditingkat pengambil kebijakan di Aceh.
Salah satun solusiya adalah, menyiapkan SDM lokal untuk daerah-daerah pedalaman. Nantinya mereka yang meneruskan disana. Tak mungkin mereka pindah karena disana mereka lahir dan dibesarkan”, imbuhnya.

Demikian juga dengan perguruan tinggi di wilayah tengah dan barat selatan Aceh “Peran perguruan tinggi sangat penting untuk persoalan ini. Saya berharap STAIN Meulaboh bisa menjadi penggerak untuk masalah tadi”, pungkasnya.
(raja eb)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top