KIRMIR KALI (TALI AIR) DI DESA SITAMPURUNG KAB.TAPUT KEMBALI JEBOL

Berita Daerah 0 Comment 45

TAPANULI UTARA, Gemantaranews

Sudah satu minggu lebih kirmir penahan air kali (tali air sekunder) di desa sitampurung kembali jebol. Jebolnya kirmir tersebut setelah sebelumnya pada tanggal 21 mei 2019 terjadi hujan lebat.
Perbaikan atas jebolnya kirmir tersebut hingga sampai sekarang belum juga ada perbaikan, dari baik pihak pemerintah terkait ataupun dari pihak BPBD Kecamatan.

Kirmir penahan air kali (Tali Air Sekunder) tersebut pernah jebol pada Bulan februari yang lalu dan tahapan perbaikan dilakukan pihak Pemkab namun perbaikan itu hanya bersifat darurat saja, agar tidak terjadi gagal panen pada tanaman padi yang sudah berumur 2 bulan pada waktu itu.
Berdasarkan keterangan dari salah seorang warga yang enggan disebut namanya, bahwa tali Air tersebut selan mengairi ratusan hektar sawah juga lahan perkebunan yakni, tanaman palawija, sayur-mayur yang juga membutuhkan pasokan air kali tersebut untuk proses penyiramannya.

Warga desa sitampurung memohon kepada pemerintah untuk peduli terhadap perbaikan kirmir (tali air) tersebut agar para petani bisa beraktifitas kembali seperti biasanya. karena kita mayoritas penduduk di daerah tersebut adalah bertani.

Kami dari Gemantaranews sempat mengkorfirmasi Kades Sitampurung pada 3 hari yang lalu terhadap kejadian jebolnya kirmir (tali air) tersebut, dan beliau mengatakan, bahwa pihaknya sudah melaporkan ke BPBD kecamatan agar segera bisa dilakukan perbaikan, namun hingga hari ini belum juga ada tindakan dari pihak BPBD tersebut.(juniasal)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top