KETUA ORMAS GEMA NUSANTARA ( GEMANTARA ) MENGHIMBAU PANITIA PILKADES AGAR TELITI DALAM MEMVERIFIKASI BERKAS BAKAL CALON

KETUA ORMAS GEMA NUSANTARA ( GEMANTARA ) MENGHIMBAU PANITIA PILKADES AGAR TELITI DALAM MEMVERIFIKASI BERKAS BAKAL CALON

Politik 0 Comment 65

KAB. BEKASI, GemantaraNews

Peraturan Bupati (Perbup) Bekasi No 48 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bekasi No 5/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bekasi menjadi acuan dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bekasi Jawa Barat pada 19 April 2020.

Sebanyak 16 Desa yang akan melaksanakan Pilkades  Serentak, masyarakat dan instansi terkait berharap kepada para Panitia Pilkades agar netral dan profesional dalam bekerja, demikian dikatakan Deden Guntara, Ketua Ormas Gema Nusantara ( Gemantara ) Kabupaten Bekasi kepada awak media GemantaraNews. Senin 16/03/2020 di Kantornya.

Dikatakan Deden, dalam hal aduan masyarakat terkait kelengkapan administrasi bakal calon diharapakan panitia respon dan segera mengambil langkah.

“Apalagi masalah kelengkapan berkas persyaratan calon, seperti ke Legal ijazah para calon yang menjadi persyaratan, sebab ini akan berdampak besar bila nantinya ada kejanggalan. Sederhana saja kata Deden, ko tinggal panitia memverifikasi semua berkas persyaratan,” tegasnya.

Menurutnya, ada tahapan atau jadwal verifikasi berkas persyaratan calon sebelum ketahapan penetapan calon tentu yang memenuhi persyaratan.

“Hal ini dimaksud jangan sampai ada kegaduhan dimasyarakat atau pertanyaan dari pihak calon lain, panitia mengacu ke aturan Juklak dan Juknis,” bebernya.

Tetapi lanjut Deden, sesuatu hal yang tidak diatur dalam aturan bisa dibikin semisal berita acara atau nama lainnya, ini demi menjaga stabilitas kelancaran serta pandangan positip dari masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Deden, Panitia pastinya tidak lepas koordinasi dengan pihak pemerintah Desa, BPD dan dengan Muspika di tingkat Kecamatan bahkan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi.

“Panitia harus inten berkoordinasi dengan Muspika DPMD serta BPD, demi kelancaran dan suksesnya pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Bekasi”, tandasnya.

Ditegaskan Deden, panitia Pilkades dibentuk oleh BPD dan ditetapkan dalam surat Keputusan BPD, karena Pilkades adalah pesta demokrasi utuk masyarakat. Bisa dikatakan Pilkades ini merupakan hajat BPD dan BPD Punya peran penting dalam pilkades salah satunya Punya kewenangan dalam menetapkan hasil pemilihan kepala Desa yang dituangkan dalam keputusan BPD selanjutnya melaporkan hasil tersebut kepada Bupati”, Terangnya.

“Hal itu diamanatkan oleh Undang-Undang, tanggungjawab BPD sangat besar. BPD pun bisa mengambil sikap tegas jika ada sesuatu hal dengan Panitia. Dan hasil akhirnya Panitia Pilkades melaporkan hasil  Pilkades kepada BPD (Badan Permusyarawatan Desa), dan BPD melaporkan hasil Pilkades kepada Bupati untuk dilantik,” terangnya.

Maka dari itu lanjut Deden, kami dari Ormas Gema Nusantara ( Gemantara ) Kabupaten Bekasi menghimbau, kepada para Panitia Pilkades harus hati-hati dan teliti dalam memverifikasi berkas persyaratan bakal calon Kades.

“Dalam verifikasi berkas para balon Kades harus teliti. Bila ada yang diragukan persyaratan salah satu bakal calon ijazahnya, panitia mend datangi langsung ke sekolah dimana ijazah tersebut dikeluarkan. Pilkades ini bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk menjaga kondusifitas dan suksesnya Pilkades, maka Panitia selain harus teliti, profesional dan netral,” pungkasnya.(Mat)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top