KEMBANGKAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM), UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MENGADAKAN TRAINING OF TRAINER BAGI DOSEN PEMBIMBING

KEMBANGKAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM), UNIVERSITAS MALIKUSSALEH MENGADAKAN TRAINING OF TRAINER BAGI DOSEN PEMBIMBING

Budaya 0 Comment 9

LHOKSEUMAWE, Gemantaranews

Universitas Malikussaleh mengadakan Training Of Trainer bagi dosen pembimbing dalam rangka mengembangkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi mahasiswa Universitas Malikussaleh. Pada Sabtu (02/11/2019), di Di Aula Fakultas Hukum Unimal, Jalan Jawa Bukit Indah, Kec. Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Menurut pantauan Jurnalis, acara tersebut sangat diminati oleh para Dosen Pembimbing yang terdiri dari beberapa fakultas kampus yang ada di Unimal yaitu dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas ISIP, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas FKIP.

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan (Dr. Baidhawi, S.P, M.P.), saat diwawancarai oleh jurnalis mengatakan, “Ini adalah kesempatan yang bagus untuk seluruh Dosen, karena rencana kita pada tahun 2020 jumlah proposal kegiatan PKM kita yang di danai itu lebih dari pada tahun ini, yang dimana pada tahun ini jumlah proposal yang di danai itu berjumlah 3 proposal, sehingga target kita untuk tahun 2020 yang akan datang kita targetkan bisa mencapai 30, dan dari 30 tersebut kita juga menargetkan lebih dari 50% lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).” Lugas nya.

Beliau juga menambahkan, “Dengan adanya kegiatan PKM ini akan membantu dan juga mengembangkan karakter dari para mahasiswa, karena mereka tidak hanya menyusun proposal, setelah proposal disusun maka Kementerian akan mendanai nya, setelah didanai maka para mahasiswa akan membuat acara kegiatan PKM tersebut baru setelah itu akan di evaluasi jika mereka berhasil mereka akan diberikan Reward di PIMNAS nantinya, jadi proses dari program ini nantinya berjenjang.” Tegasnya.

Selain itu, salah satu Narasumber Training Of Trainer tersebut yaitu Drs. Yudi Harianto (Kasubbid Kreativitas Direktorat Kemahasiswaan Kemeristek Dikti), saat diwawancarai oleh jurnalis mengatakan, “Syukur alhamdulilah kami dari Kementerian tidak menyangka melihat antusiasme dari para Dosen Pembimbing PKM dari Unimal ini, bahkan menurut informasi dari pihak panitia peserta yang mendaftar itu cukup banyak bahkan ada yang harus ditolak dikarenakan kapasitas aula yang tidak muat lagi sehingga tidak tertampung semua. Dan juga saya melihat minat dari mahasiswa itu sendiri dari tahun sebelumnya, di tahun sudah terkumpul sebanyak 400 proposal bahkan lebih dan lebih dari seribu mahasiswa yang telah mendaftarkan dirinya dalam kegiatan PKM ini sendiri, ini adalah suatu progres yang sangat baik dari Unimal ini sendiri.” Ungkapnya.

Beliau juga menambahkan, “Harapan kita semua agar kegiatan PKM ini harus selalu ada gebrakan serta peningkatan lagi karena ini adalah gebrakan perdana baik itu yang dilakukan oleh para pimpinan Biro Kampus, Dosen, dan juga dari mahasiswa itu sendiri, dan juga kita menekan kan Kepada para mahasiswa ini agar mempunyai jiwa enterpreneur sehingga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dan juga mampu merekrut para pekerja yang dimana ini akan menekan tingkat pengangguran yang ada di Indonesia pada umumnya dan Aceh khususnya.” Tutup beliau

Adapun acara tersebut berlangsung dari pagi sampai sore hari, dengan di isi oleh para Narasumber dari Kementerian maupun dari Dosen Kampus. Selain diadakan Training tersebut, pada hari Minggu (03/11/2019) juga akan diberikan Bimbingan Teknis kepada para Mahasiswa PKM tersebut yang rencananya akan di adakan di Aula Gedung GOR ACC Cunda. (M. Zulfan/ Muhammad Rizal)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top