SAAT HUJAN DERAS   ABAH APUD SEKELUARGA HARUS  TINGGAL DI KANDANG DOMBA

SAAT HUJAN DERAS ABAH APUD SEKELUARGA HARUS TINGGAL DI KANDANG DOMBA

Serba-serbi 0 Comment 43

CIANJUR, GemantaraNews

Sudah bertahun-tahun Abah Apud (73) bersama lstri dan anaknya tinggal di rumah reyot dan bocor. Bahkan warga Kampung Cibanteng RT.04/02 Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur itu kerap tidur di kandang Domba ketika hujan deras mengguyur.

Kondisi rumahnya sungguh memperihatinkan dan tidak layak huni, terbuat dari dinding bilik bambu berukuran 3×4 meter , selain minim ventilasi rumah yang di huni Abah Apud dan kelurganya tidak memiliki kamar kecil untuk keperluan mandi, cuci dan kakus.

Untuk keperluan tersebut sungai atau menumpang ke kamar kecil punya orang lain, yang tidak jauh dari rumahnya ada sebuah kolam dan sumur yang di jadikan tempat mandi.

Rumah itu terletak di bawah jalan gang di samping tebing gundul, tak ada listrik di rumahnya ketika malam tiba hanya sebuah lampu teplok/cempor kecil yang menerangi tak jarang penghuni rumah meraba-raba ketika beraktifitas saat malam.

Itu belum seberapa manakala hujan datang Abah Apud dan kelurga sering ketakutan selain khawatir longsor air hujan pun kerap membasahi seisi rumah bukan tanpa alasan dinding dan atapnya rembes dan bocor.
Jika hujan deras hampir seisi rumah basah oleh air terlebih pada malam hari ketiganya terpaksa mengungsi untuk tidur di kandang domba berukuran 1× 2 meter.

“Rumah reyot nyaris runtuh cuman terpaksa karena orang yang ga punya kalau hujan atap bocor air masuk juga lewat bilik, kalau kecil hujannya berteduh di rumah tapi kalu besar hujannya pindah ke kandang domba dari pada tidur di rumah kebasahan”, ujar Abah Apud .
(Tamma)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top