KASUS PUNGLI DI DESA LABANSARI KEC CIKARANG TIMUR KAB BEKASI TIADA HENTI

KASUS PUNGLI DI DESA LABANSARI KEC CIKARANG TIMUR KAB BEKASI TIADA HENTI

Hukum 0 Comment 380

KAB. BEKASI, GemantaraNews

Setelah kasus dugaan pemotongan BLT-DD Covid-19 Desa Labansari Kec. Cikarang Timur Kab. Bekasi, kini perangkat Desa Labansari kembali berulah dengan adanya dugaan pungutan pembuatan Sertifikat progran PTSL.

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di desa Labansari, diduga dimanpaatkan oleh oknum perangkat Desa Labansari untuk dijadikan lahan bisnis.
Pasalnya ada salah seorang warga Desa Labansari yang mengadu ke ketua ormas Gema Nusantara (Gemantara) Deden Guntara soal adanya pungutan tersebut, ia menjelaskan bahwa dikenakan biaya Rp. 500.000 perbidang. Berdasarkan keputusan bersama tiga menteri, no. 25/SKB/V/2017, no. 590-3167A tahun 2017, no. 34 tahun 2017 Tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis, pada diktum ketujuh angka 5 (lima) kategori V (Jawa dan Bali) sebesar Rp. 150.000.
Mendengar hal tersebut Deden Guntara tidak tinggal diam dan melaporkan hal tersebut ke Polres Meto Bekasi, dengan nomor surat laporan 220/019/GN-Ekbang/Bks/V/2020 tertanggal 28 Mei 2020.

Anehnya setelah mendengar laporan dugaan pungutan tersebut, oknum salah satu perangkat Desa Labansari memanggil dan memaksa warga yang di kenakan biaya, untuk membuat surat pernyataan tidak keberatan atas dasar sukarela terkait biaya tersebut, ungkap warga yang tak mau di sebutkan jati dirinya.

Deden Guntara Ketua Ormas Gema Nusantara Eksekutif Cabang Kab Bekasi, mengatakan dengan geram, “dimomen yang sekarang ini seharunsnya Kepala Desa mengarahkan kepada seluruh perangkatnya untuk membatu masyarakat yang perekonomianya lemah atau kurang mampu.
Dan saya tidak akan menyerah mengupas kasus pungli di Desa Labansari sampai tuntas & bila perlu sampai ke akarnya, pungkasnya.

Ruslani salah satu pemohon program PTSL di Desa Labansari Kec. Cikarang Timur dengan sumringah mengatakan saya sangat senang sekali bahwa ada salah satu ormas yang benar benar peduli terhadap masyarakat kecil, tegasnya.

Ketua Gema Nusantara( Gemantara) Bekasi Deden Guntara yakin bahwa aparat hukum terutama polri sekarang promoter dalam menangani pungli dimanapun berada terutama di bekasi dan tak mudah masuk angin. Dalam hal ini ormas Gemantara sudah bersurat Tembusan ke polda metro jaya dan mabes polri agar kasus pungli yang berada di desa lambansari kecamatan cikarang timur kab. Bekasi benar benar diperhatikan agar ada epek jera bagi yang bermain main dengan kebijakan pemerintah.

Dalam hal ini Ormas Gemantara akan mengawal kasus ini samapai tuntas.( Biro Bekasi )

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top