KADIN PROVINSI LAMPUNG DAN PROVINSI SUMATERA SELATAN JALIN KERJASAMA DALAM KETAHANAN PANGAN.

KADIN PROVINSI LAMPUNG DAN PROVINSI SUMATERA SELATAN JALIN KERJASAMA DALAM KETAHANAN PANGAN.

Berita Daerah 0 Comment 60

LAMPUNG, GemantaraNews

Berdasarkan hasil dari narasumber yang di dapat dari Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Bidang Pertanian,Perikanan, dan Kelautan( Kadin) Provinsi Lampung Hi. Drs. Sudarsono. bahwasannya mengajak kepada seluruh Aktivis Petani baik dari pulau jawa atau pun pulau Sumatera, dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan pangan secara Nasional mengingat untuk saat ini persediaan lahan sudah terasa sempit bahkan dapat di bilang khususnya untuk Daerah Lampung sudah habis. jadi menurut Lek Dar panggilan akrabnya dengan adanya ketersediaan pangan yang cukup atau setidaknya dapat untuk mencukupi bahkan mampu untuk di jadikan lubung pangan sudah barang tentu hal itu dapat meningkatkan sebuah ekonomi kerakyatan.

Ajakan Lek Dar bukan berarti tidak beralasan mengingat semua itu mengacu pada hadil Rapat Kadin Provinsi Lampung tentang Peningkatan Ketahanan Pangan Nasional melalui kegiatan perluasan lahan mandiri tertanggal 12 Februari 2019.sebagai mana tertuang dalam surat Kadin dengan Nomor. 99/DP/08/VII/2019 Tanggal 15 Juli 2019. yang mana dari hasil peninjauan lokasi dan observasi Lapangan yang akan di jadikan sebagai Lahan Pertanian tersebut terdapat di Daerah Kayu Labu. Kecamatan Pedamaran Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir( OKI) Provinsi Sumatera Selatan, walau sebelumnya tim surve sudah malang melintang hingga sampai ke Provinsi Sumatera Barat( Padang) dalam rangka mencari lahan tersebut.

Lanjut pada Tanggal 21 Juli 2019 Tim di bawah Pimpinan Lek Darsono langsung melakukan peninjauan kelokasi yang kebetulan peninjauan tersebut di ikuti oleh para Kepala Desa dan Ketua Kelompok Tani selampung Timur, dan Kabupaten Pesawaran,serta Kecamatan Metro Utara Kota Metro bahkan di dampingi oleh Anggota Peradi beserta dari unsur Kadin Provinsi Lampung.

Kepedulian Beliau untuk mengajak Masyarakat untuk ikut peduli akan pentingnya ketahanan pangan tak lain untuk sekarang ini Negara sudah ugal ugal mengimpor bahan sembako terutama Beras, jadi dengan adanya kita menciptakan sebuah lubung pangan setidaknya harga pangan tidak terlalu tinggi dan petani sekurang kurangnya kehidupannya bisa makmur karena Pemerintah tidak lagi mengimpor baha pangan.karena sesungguhnya kalau menurut saya orang yang sukses itu adalah orang yang memiliki Tanah lebar mengingat semua hasil maupun uang itu bersumber dari hasil perut bumi ini, jadi tidak lucu Negara Indonesia yang di kenal dengan Negara Agraria justru para petaninya mau makan saja harus beli pangan dari luar Negeri ucapnya.

Selain itu Beliau juga menambahkan dengan adanya kerjasama antara Kadin Lampung dan Kadin Sumatera Selatan ini. dengan tujuan bagaimana sekiranya para petani khususnya dari lampung bisa makmur. karena dengan hanya mengeluarkan untuk pembelian tanah dalam per hektare sebesar Rp 35.000.000,00. dengan lahan sudah siap tanam.

Benih serta alat pertanian seperti cangkul, arit, dan alat yang lain serta benih jagung maupun padi semua gratis atau secukupnya. bahkan selain itu Kadin juga menyediakan Base Camp, sementara belum bisa buat Rumah Tinggal sendiri, Yang lebih terpenting untuk di jadikan perhatian buat Masyarakat agar sekiranya untuk waspada dan berhati bila ada oknum atau orang yang menawarkan lahan di Daerah manapun khusus Daerah Palembang mengingat hall itu sudah banyak Masyarakat yang tertipu karena hak kepemilikannya tumpang tindih atau bersengketa,pungkasnya.( Bambang S)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top