KADES SIDOMULYO RAPAT BERSAMA WARGA ANTISIPASI LUAPAN AIR DIDUGA BERSUMBER DARI PT.HSJ ASIAN AGRI GROUP

KADES SIDOMULYO RAPAT BERSAMA WARGA ANTISIPASI LUAPAN AIR DIDUGA BERSUMBER DARI PT.HSJ ASIAN AGRI GROUP

Berita Daerah 0 Comment 70

LABUHANBATU, GemantaraNews

Sukri selaku Kades Sidimulyo, Kecamatan Bilahilir, Kabupaten Labuhanbatu-Sumatera Utara, mengadakan rapat bersama warga juga dari pihak PT.HSJ Agri Asian Group Selasa (05/11/2019)

Hal tersebut untuk mengantisipasi
Masalah luapan air berasal dari tingginya curah hujan serta diduga keras luapan dari tanggul limbah milik PT. HSJ yang mana air tersebut hampir menggenangi lokasi warga.

Dalam rapat tersebut turut hadir pihak Kepolisian Sektor Bilah Hilir di wakilkan Kanit Intel Umri Nasution beserta dengan Babinsa Tomri Lubis, di Balai Desa Sidomulyo.

Saat di konfirmasi tentang adanya dugaan meluapnya tanggul limbah melalui whatsApp (WA) Bpk G.A. Bangun selaku Humas di PT. HSJ belum bersedia memberikan komentar.

Disela terjadinya masalah dugaan luapan limbah PT. HSJ (Hari Sawit Jaya) 3/11/2019 kemarin sekitar 22.00 WIB, yang membuat masyarakat resah. Dan setelah kejadian tersebut pihak masyarakat melaporkan kejadian tersebut ke pihak Perusahaan dan Kepala Desa.

Berharap agar pihak perusahaan cepat tanggap akan kejadian tersebut, sebab air limbah tersebut diduga sudah hampir menggenangi rumah rumah warga.

Kepala Desa Sidomulyo lalu mengundang pihak PT. HSJ (Hari Sawit Jaya) untuk rapat membahas masalah itu beserta dengan warga dan turut hadir pihak kepolisian sektor Bilah Hilir, ucapnya.

Hasil dari pertemuan Rapat tersebut pihak PT. HSJ dengan warga dalam hal ini, diduga berjanji serta akan berusaha membangun sebuah pintu air untuk menjaga hal-hal serupa agar tidak terulang kembali, serta akan melakukan pembersihan parit pembuangan air yang mengarah ke sungai.

PT. HSJ juga akan memberi bantuan sejenis air mineral dua galon / rumah tangga bagi yang terkena dampak luapan air limbah tersebut dan saat ini pihak pemerintahan Desa sudah selesai membuat hasil notulen rapat, ucapnya melalui whatsapp

Pemerintah Desa Sidomulyo Sukri meminta kepada pihak PT. HSJ (Hari Sawit Jaya) agar secepat mungkin dapat melakukan penanganan lanjut sesuai hasil kesepakatan dalam rapat.

Sekjen Ekbang Gemantara Labuhanbatu, Yogi K.M angkat bicara menangapi atas kejadian yang terjadi di Desa Sidomulyo, dalam hal ini meminta kepada pihak PT. HSJ agar lebih serius dan sigap dalam menyelesaikan dugaan luapan Limbah tersebut.

Dalam UU No. 32 Tahun 2009 diatur dalam pasal 1 dan 2 tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup, jadi sudah seharusnya perusahaan yang mengakibatkan pencemaran lingkungan melakukan penanggulangan dan memberikan informasi peringatan pencemaran.

Adanya informasi peringatan tersebut dapat mencegah sesuatu yang kurang baik akibat dampak pencemaran lingkungan itu. Dalam hal ini perusahaan juga wajib melakukan pemulihan terhadap pencemaran yang terjadi pada sungai dan daerah bantaran yang terkena dampak tersebut.

Saat di konfirmasi tentang adanya dugaan meluapnya tanggul limbah melalui whatsApp (WA) Bpk Okto W.M. Limbong selaku RC di PT. HSJ tidak menjawab/membalas hingga berita ini dilansir kemeja redaksi.(agus ch.biro sumut)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top