JEMAAH HAJI KAB. KARAWANG BELUM ADA USULKAN PENGEMBALIAN DANA PELUNASAN

JEMAAH HAJI KAB. KARAWANG BELUM ADA USULKAN PENGEMBALIAN DANA PELUNASAN

Peristiwa 0 Comment 22

KARAWANG, GemataraNews

Meski dana pelunasan haji bisa diambil kembali karena pembatalan pemberangkatan, namun calon jamaah haji di Kabupaten Karawang tidak ada yang mengambil kembali dana tersebut. Jamaah lebih memilih untuk bersabar dan tetap menunggu jadwal keberangkatan sesuai instruksi pemerintah tanpa harus pengembalian kembali uang pelunasan.
Salah satu calon jamaah haji asal Kecamatan Kotabaru, Bapak Ujang Kusna mengaku memang sangat sedih karena keberangkatan ibadah hajinya tertunda.
Meski ia sudah melunasi semua pembiayaan keberangkatan.Tapi beliau mengaku tidak berniat untuk mengusulkan pengembalian dana pelunasan yang sudah dibayarkannya.

“Jujur, kita sedih tapi butuh kesabaran menunggu aturan pemerintah, ini demi kebaikan bersama. Masalah perlengkapan dan paspor sudah diurus beres semua ,” ungkapnya
Meburut kasi Haji Kemenag Karawang Buchariana mengatakan, calon jamaah haji yang pemberangkatannya batal/ditunda, boleh mengajukan pengembalian pelunasan. Mekanisme pengembalian dana tersebut sudah diatur oleh KBIH.
“Aturan sudah tercover semua oleh KBIH,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Dikatakan dia, dari 2.176 calon jamaah haji di Karawang yang sudah membayar biaya pelunasan, belum ada satu jamaahpun yang mengusulkan atau memproses pengembalian dana pelunasan tersebut.
Mungkin mereka memang berniat tulus untuk haji. Jadi tidak kepikiran mau ngambil lagi pelunasannya.

Buchariana juga menambahkan, calon jamaah haji yang meninggal dunia, bisa diganti oleh anak atau anggota keluarga tanpa harus menunggu antrean baru. Kemudian bagi calon jamaah yang sudah lansia, secara otomatis akan diberangkatkan lebih cepat tanpa harus diusulkan.
“Kalau yang sudah daftar sejak 5 tahun dan sudah lansia otomatis berangkat didahulukan. Karena dari KBIH sudah dilist berdasarkan usia tertua,” tambahnya.

Esih (42) warga Mekar Jati Karawang Barat mengatakan, sedang mengurus pergantian keberangkatan ayahnya karena meninggal. Ia juga tengah mengusulkan ibunya agar bisa berangkat tahun depan karena usianya sudah semakin menua.
“Kalau dijadwalnya tahun 2023. Pengen diajukan berangkat tahun depan. Bapak sudah meninggal jadi diganti sama saya,” ujarnya.(Biro Karawang)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top