JELANG RAMADHAN, GEMANTARA DAN KARANG TARUNA ACEH UTARA AJAK PEMUDA JADI PELOPOR GIAT GOTONG ROYONG DI DESA

JELANG RAMADHAN, GEMANTARA DAN KARANG TARUNA ACEH UTARA AJAK PEMUDA JADI PELOPOR GIAT GOTONG ROYONG DI DESA

Serba-serbi 0 Comment 131

LHOKSUKON ACEH UTARA, GemantaraNews

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah, Organisasi Karang Taruna Aceh Utara dan Organisasi Gema Nusantara (Gemantara) Eksekutif Cabang Aceh Utara mengajak dan mendorong para pemuda dan remaja Desa agar menjadi pelopor untuk menggerakkan masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan Meunasah dan Masjid.

Bulan Puasa Ramadhan 1441 Hijriah Tahun 2020 sudah diambang pintu, tinggal hitungan hari dan menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah melalui Menteri Agama Republik Indonesia dalam menentukan 1 Ramadhan, sudah seyogyanya para Pemuda dan Pemerintah Desa untuk mengadakan gotong royong didesanya yang memiliki Meunasah dan Masjid karena akan dipergunakan nantinya pada saat bulan puasa Ramadhan sebagai tempat untuk menunaikan ibadah Sholat Sunat Tarawih dan Witir serta Tadarusan Al Qur’an.
hal tersebut disampaikan Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST melalui Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Pariwisata Adnani kepada awak media, Selasa 14/04/2020.

Adnani menyampaikan, bahwa gotong royong merupakan budaya yang menjadi salah satu identitas perilaku kolektif masyarakat kita Aceh, apalagi menjelang memasuki Bula Suci Ramadhan. Gotong royong juga salah satu kegiatan sosial yang sangat mulia, tanpa pamrih untuk mencapai suatu tujuan bersama, imbuhnya

Sementara itu Ketua Gema Nusantara (Gemantara) Eksekutif Cabang Aceh Utara, Iskandar, S.Kom.M.S.M, juga mengajak kepada para generasi muda agar tidak menyia-nyiakan masa muda karena masa muda atau remaja merupakan masa seseorang mencari identitas dan jati diri, dimana mereka sedang mencari idola untuk dijadikan cermin bagi dirinya.

Oleh karena itu semangat untuk menumbuhkan Gotong Royong perlu ditanamkan dikalangan pemuda dan remaja untuk mengatasi persoalan tersebut. Seperti membiasakan semangat saling tolong menolong sesama teman yang lain, rasa solidaritas, dan saling berbagi. Dalam kegiatan tersebut bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan pergaulan di sekolah maupun masyarakat”. Harap Iskandar

Iskandar juga menyampaikan, bahwa Mengendornya semangat kegotongroyongan di masyarakat maupun di kalangan remaja perlu segera diantisipasi dengan memperkuat komitmen kita bersana untuk terus menumbuhkan semangat peduli terhadap sesama, meneguhkan rasa tanggungjawab bersama dan menetapkan keyakinan bahwa segala sesuatu yang dikerjakan secara bersama-sana akan memberikan hasil yang lebih baik. Diera globalisasi ini budaya gotong royong barangkali hanya bisa ditemukan di Desa-Desa dan daerah terpencil saja. Hal ini sungguh memprihatinkan karena mengingat budaya ini merupakan budaya yang menjiwai kepribadian bangsa Indonesia, ujarnya.(Juned)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top