JATIM BORONG GELAR PENGHARGAAN PARIWISATA NASIONAL

JATIM BORONG GELAR PENGHARGAAN PARIWISATA NASIONAL

Pemerintahan 0 Comment 16

SURABAYA, Gemantaranews

Provinsi Jawa Tmur, kembali mendapat penghargaan tingkat nasional. Kali ini melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) , yang dipimpin, Sinarto,S.Sn,MM.
Penghargaan dari Kemenpar (Kementerian Pariwisata) tersebut di kemas dengan titel Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019.

Penghargaan yang diberikan oleh Menpar, Arief Yahya, 26 September 2019 di di Ballroom the Ritz-Carlton Jakarta, kepada para pelaku pariwisata dari Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Malang dihadiri Sekretaris Disbudpar Jawa Timur, Zainal, mewakili Kepala Dinas.

Kategori apa saja diraih pelaku pariwisata dari 4 Kabupaten yang mengharumkan nama Jatim di tingkat nasional tersebut? Untuk Kategori Pelestarian Lingkungan, diraih Desa Wisata Kertosari, Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari.

Kategori Pemanfaatan Ekonomi untuk Masyarakat Lokal diraih Desa Wisata Boon Pring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen Kabupaten Malang.

Untuk Kategori Tata Kelola Destinasi diraih Wisata Grand Watu Dodol, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Untuk kategori Pelestarian Budaya diraih Wisata Alam Watu Rumpuk, Desa Mendak, Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun.

Selain itu, juga diberikan penghargaan atas kerja kerasnya selama ini, yakni apresiasi kepada Pokdarwis Mandiri yakni‘’Dukung Alas Lestari’’, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung Kabupaten Malang, Jawa Timur

Even ini merupakan ajang pernghargaan untuk wisata hijau dan pariwisata yang berkelanjutan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat menghadiri Malam Penganugerahan ISTA dan Apresiasi Kelompok Sadar Wisata dan Pendampingan Desa Wisata mengatakan sebagai tindak lanjut pelaksanaan ajang ISTA, para pemenangnya akan dilibatkan pada pengembangan wisata berkelanjutan.

“Apa yang hanya bisa dipandang, lebih mahal daripada apa yang bisa dibeli. Misalnya, harga sawah yang dijadikan destinasi wisata lebih mahal dibanding sawah yang dijual,” jelas Menpar.

Malam Penganugerahan ISTA merupakan selebrasi pariwisata berkelanjutan di Indonesia yang betujuan untuk menyosialisasikan pemahaman pariwisata berkelanjutan.

Perkembangan pariwisata Indonesia yang dalam beberapa tahun terakhir telah mendapat perhatian dan pengakuan dunia. “Pariwisata telah ditetapkan sebagai sektor unggulan pembangunan.(Noung Daeng )

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top