JAMBO SILET SIWAH BUSOE DAN SASANA MUAYTHAI BUSOE ADAKAN HALAL BIHALAL DAN SYUKURAN

JAMBO SILET SIWAH BUSOE DAN SASANA MUAYTHAI BUSOE ADAKAN HALAL BIHALAL DAN SYUKURAN

Berita Daerah 0 Comment 125

LHOKSEUMAWE, GemantaraNews

Jambo Silet Siwah Busoe adakan acara halal bihalal serta syukuran pada Sabtu malam (08/08/2020), di Sekretariat Jambo Silet Siwah Busoe di Jalan Pasee Desa Keude Aceh Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Acara halal bihalal serta syukuran tersebut diadakan dalam rangka Hari Raya Idul Adha serta telah suksesnya Sesi-2 Festival Virtual Selangor Martial ART Silat Tradisional Semenanjung Melayu.

Ketua Panitia acara, Purwo Saputra atau yang akrab disapa Gureei Rangkang Jarwo saat diwawancarai jurnalis mengatakan, “Alhamdulillah acara halal bihalal serta syukuran kita malam ini berjalan dengan lancar dan sukses, terimakasih kami ucapkan kepada para tamu undangan yang telah menyempatkan untuk berhadir,” Ungkapnya.

Ia juga menambahkan, “Kegiatan ini kita lakukan atas rasa syukur kita karena telah mensukseskan Festival Virtual Selangor Martial ART Silat Tradisional Semenanjung Melayu, serta dalam rangka silaturahmi Hari Raya Idul Adha dan doa bersama yang kita kirimkan kepada Almarhum Guru-guru Silet kita terdahulu, acara ini juga untuk menjaga silaturahmi antar sesama Silet Tradisional dan tentunya aktif kembali pasca Hari Raya Idul Adha 1441 H,” imbuhnya.

“Harapan kita kedepannya adalah semoga Silet Tradisional ini makin di kenal oleh generasi muda agar supaya para kaula muda lebih mengenal adat dan budaya tradisional.” Pungkasnya.

Disisi lain, Pendekar Utama Siwah Busoe sekaligus Ketua Umum Muaythai Busoe, Taufik Akbar atau yang akrab di sapa Abu Siwah saat diwawancarai jurnalis mengatakan, “Alhamdulillah acara halal bihalal serta syukuran dan doa bersama pada malam ini berjalan dengan lancar dan sukses, terimakasih kepada panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan acara ini,” Ungkapnya.

“Agenda halal bihalal ini kita lakukan dalam rangka silaturahmi antar sesama Bersatu Silet Nanggroe (BUSOE) yang seluruh wilayah Aceh yang terdiri dari 3 Wilayah Busoe, untuk Siwah Busoe sendiri kita berada di wilayah 1 Busoe,” imbuhnya.

“Untuk syukuran kita lakukan atas rasa syukur kita karena telah mensukseskan Sesi-2 Festival Virtual Selangor Martial ART Silat Tradisional Semenanjung Melayu, Festival Virtual yang dilaksanakan seluruh Dunia ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pandemi Covid-19 oleh karenanya panitia acara Festival melaksanakan perlombaan secara virtual, dan alhamdulilah kita telah mengirimkan 26 video virtual dalam acara Festival tersebut yang terdiri dari Siwah Busoe, Pelinto Tamiang serta imukti Aceh sehingga total semua video yang telah kita kirimkan di Festival tersebut sejumlah 26 video,” sebut Abu Siwah.

Lanjut nya, Festival Virtual Selangor Martial ART Silat Tradisional Semenanjung Melayu untuk Sesi pertama dan yang kedua ini, kategori yang dilombakan adalah kategori Solo, didalam jurus Solo tersebut terbagi atas tangan kosong, tangan kosong bersenjata, serta bersenjata, dengan materi penilaian 30 persen dari jumlah Viewer Video yang telah kita upload di YouTube sedangkan 70 persen lagi akan dinilai oleh Dewan Juri, nantinya juga semua peserta juga akan mendapatkan Sertifikat Internasional.

“Kedepannya kita berharap juga agar Silet Tradisional ini bisa dikenal oleh para penerus bangsa, apalagi didalam revolusi industri 4.0 ini jangan sampai kaum milenial sekarang ini terjadi dekadensi budaya, jangan sampai generasi sekarang hanya mengetahui silet luar saja namun juga mengenal silet tradisional dan juga ikut untuk melestarikan nya.” Tutup Abu Siwah (Ruslan)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top