IZIN PT.PERSADA PUPUK INDONESIA DIDUGA BERMASALAH

IZIN PT.PERSADA PUPUK INDONESIA DIDUGA BERMASALAH

Berita Daerah 0 Comment 60

PURWAKARTA, Gemantaranews

PT.Persada Pupuk Indonesia yang berlokasi dilingkungan Kp.Sukamulya, kel.Ciseureuh Jalan.Raya Sadang-Subang Kabupaten Purwakarta diduga Izin Mendirikan Bangunan (IMB) telah melanggar (Bermasalah), Selain itu gangguan lain yang ditimbulkan Oleh Pupuk PT.Persada Pupuk Indonesia menurut salah seorang masyarakat peduli lingkungan H. Sophan.S.lubis STH.Sophan.S.T yang juga warga disekitar lingkungan Pabrik dalam perbincanganya kepada Gemantaranews, Bahwa PT.Pupuk Persada Indonesia tidak memiliki bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentinganya antara lain aspek operasional perusahaan yang antara lain, Ekonomi Sosial dan Lingkungan Corporate Social Responsibility (CSR), dimana Perusahaan harus memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku Kepentinga diantaranya dalam segala aspek Operasional perusahaan yang mencakup aspek sosial, dan lingkungan.

Menurut Sophan PT. tersebut sudah berdiri selama 10 Tahun yakni sejak tahun 2011, Dan Perusahaan tersebut cenderung tertutup dan tidak ada sumbangsihnya kepada masyarakat contoh seperti dihari-hari besarnya agama, yang ada malahan banyak merugikan bagi masyarakat. Selain asap yang ditimbulkan dari Pabrik tersebut, juga gatal-gatal serta sesak napas dan kebisingan pada saat adanya aktivitas kerja yang hanya berbatas tembok dengan pemukiman warga. Dilokasi Perusahaan tersebut terdapat dua bangunan Pabrik antara lain bangunan gudang los yang digunakan oleh PT.Persada Pupuk Indonesia dan bangunan gedung yang digunakan PT.Piranti Teknik Indonesia.

Menurut Faisal selaku penanggung jawab diperusahaan tersebut menjelaskan kepada warga, Bahwa mereka telah memiliki izin dan menganggap tidak ada Permasalahan sesuai izin lokasi nomor.503/Kep.331-BPMPTSP/2011 tanggal 27 April 2011 yang disinyalir bermasalah bila Mengacu kepada Peraturan Daerah Kabupaten Purwakarta nomor.47 tahun 1996 tentang RT/RW kabupaten Purwakarta yang mana dinyatakan lokasi yang dimohon berdasarkan arahan pemanfaatan ruang adalah pemukiman, Jasa, Perdagangan, Parawisata dan dinyatakan jalur kuning, Oleh Karena itu masyarakat sekitar Pabrik sudah membuat surat Pengaduan tanggal 20 Desember 2017 lalu Perihal Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan gangguan lainya Oleh PT.Persada Pupuk Indonesia dalam hal ini kiranya perlu dipertanyakan hingga saat ini Pemeritah kabupaten Purwakarta Melalui Dinas Tata Ruang Dan Permukiman serta Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) hingga saat ini belum ada tindakan. Oleh sejak itu masyarakat sekitar Pabrik telah membuat laporan Pengaduan ke *Polres Purwakarta Nomor : SK/09/l/2019/SPKT tertanggal 23 Januari 2019*. Namun sampai dengan saat ini kelanjutanya tidak jelas, Masyarakatpun mulai bertanya-tanya ada apa dengan semua ini dan mulai menduga-duga sudah terjadi suatu Kongkalingkong.(robin)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top