IPSM ACEH UTARA GELAR LATIHAN KETANGKASAN TRC

IPSM ACEH UTARA GELAR LATIHAN KETANGKASAN TRC

Serba-serbi 0 Comment 110

ACEH UTARA, GemantaraNews

Konsep mendasar dalam ilmu sosial adalah kekuatan, dalam pengertian yang sama di mana energi adalah konsep dasar dalam bermasyarakat, dibutuhkan tenaga yang tangguh cepat dan tangkas maka, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Aceh Utara membekali pendidikan latihan dasar Tim Reaksi Cepat (TRC) IPSM dalam Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Utara di tepi pantai Lancok Kecamatan Syamtalira Bayu minggu, 01 Desember 2019.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh ketua IPSM Aceh Utara Muktaruddin, S. Pd tersebut diikuti oleh 45 orang anggota TRC kecamatan se-Kabupaten Aceh Utara, yang di hadiri oleh Wakil Bupati, DPR Aceh, Plt Kepala Dinas Sosial dan Ketua BASARNAS Aceh Utara. Pelatihan ini dilakukan selama 4 hari dalam sebulan, dan penutupannya pada minggu (01/12/19).

Muktaruddin menyebut pendidikan tersebut dilaksanakan demi meningkatkan komitmen petugas TRC PSM dalam melakukan penanggulangan bencana di Negeri Junjungan ini secara sosial dan suka relawan.

“Kemudian tujuan lainnya, menjadikan petugas TRC IPSM yang terdidik dan terlatih guna mewujudkan system kerja yang profesional dalam penanggulangan bencana,” ucapnya kala membuka pelatihan tersebut.

Sebanyak tiga narasumber bakal memberikan pelatihan kepada 45 anggota TRC nyakni bpk. Hasbullah,ST Kepala Badan Search And Rescue Nasional(BASARNAS), Ibu. Yusra Dosen Akademi Keperawatan (AKPER) dan Bpk. Iskandar, S.kom M.sm Pengurus IPSM Kabupaten Aceh Utara.

Sementara materi yang bakal diberikan sebanyak 9 materi, terdiri dari implementasi Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulanga bencana, manajemen penanggulangan bencana, manajemen for resiko, hart anggel, mofel perahu karet, pengenalan dan penggunaan alat penanggulangan bencana, simulasi penanggulangan banjir dan pedoman penyelamatan di air.

Muktaruddin melanjutkan “Rangkaian kegiatan ada materi didalam ruangan dan ada di lapangan, luar ruangan untuk pengenalan alat, simulasi penanggulangan bencana, baik di perairan maupun di tempat kebakaran hutan dan lahan,” pungkasnya.

Kemudian Wakil Bupati Aceh Utara Faudi Yusuf dalam sambutannya berharap peserta dapat mengikuti pendidikan dengan baik agar ilmu yang diperoleh dapat menjadi bekal untuk terapkan dilapangan.

“Pesan saya kepada peserta untuk dapat mengikuti dengan baik, karena ini merupakan ujung tombak dari tenaga Rescue kami di setiap Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara sehingga mereka peduli terhadap tugasnya, siap dan tangguh dalam melaksakan ataupun responsive terhadap penanggulangan bencana di kecamatannya  masing-masing,” Katanya. (Saiful Tanlus/Hamdani)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top