IBADAH PERDANA DI GEREJA “HKBP” CIKAMPEK KARAWANG DENGAN STANDART PROTOKOL KESEHATAN DIMASA “NEW NORMAL COVID – 19 TAHUN 2020”

IBADAH PERDANA DI GEREJA “HKBP” CIKAMPEK KARAWANG DENGAN STANDART PROTOKOL KESEHATAN DIMASA “NEW NORMAL COVID – 19 TAHUN 2020”

Serba-serbi 0 Comment 147

KARAWANG, GemantaraNews

Atas pengajuan pelaksanaan Ibadah jemaat Huria Batak Protestan (HKBP) Cikampek no.19/D/XVIII-R.2020 dan dikuatkan surat pemberitahuan/ izin Desa Cikampek Selatan ( 29/06/2020 ) dengan tembusan surat kepada yth. Babinkamtibmas Polsek, Babinsa, BPD Cikampek Selatan Karawang.
Bahwa Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Cikampek Karawang RESSORT CIKAMPEK DISTRIK XVIII JABAR TENGDIY, pembukaan Ibadah Perdana secara langsung bersama jemaat yang selama pandemi Covid-19 sempat terhenti beberapa bulan. Rasa kerinduan ibadah bersama sangat terasa setelah kembali dapat bertemu sesama jemaat dengan bersemangat untuk mendengar kotbah langsung dari Pendeta TV. Siregar, Mth Ressort HKBP Cikampek baru dapat terlaksana setelah dimasa New Normal Covid – 19 dengan harapan berjalan sesuai protokol kesehatan.

Dari pantauan langsung Gemantara News Kabupaten Karawang dan keterangan Ketua Gugus Inti Covid – 19 Bapak ST. R. Simbolon bahwa gereja benar-benar melakukan Protokol Kesehatan dimasa New Normal dalam mengikuti ibadah, (Minggu, 05/07/2020) pukul 10.00 WIB di Gereja HKBP Cikampek Karawang dan dikuatkan hasil wawancara BIV.GR.Br.Hutahayan yang mewakili jemaat mengatakan bahwa penilaian dan pandangannya bahwa pelaksanaan ibadah setelah New Normal Covid.19 sudah berjalan sesuai prosedur dan mendekati sempurna walau ada kekurangan hal kecil tapi tidak mengurangi kesakralan pelaksanaan ibadah hari ini.
Ketua Gugus Inti Covid 19 beserta pengurus Gereja telah mempersiapkan perlengkapan pelaksanaan tata ibadah dimasa New Normal Covid – 19. Bahwa para jemaat gereja harus mematuhi ketentuan yang berlaku antara lain:

Berdiri Pada Titik Antrian ; sebelum memasuki Gereja antri (Physial Distancing) untuk cek suhu badan dengan Termo Gun. Menggunakan masker sebelum sesaat selesai ibadah. Pengecekan Suhu Badan ; jika kurang 37 derajat celsius jemaat dapat mengikuti ibadah, jika melebihi suhu badan 37 derajat celsius jemaat diarahkan ke TIM Medis protokol kesehatan Ny.A.Pasaribu/Ferba Tampubolon, Amd. Keb dan Yunia Panggabean, Amd.Keb untuk tahapan pengecekan selanjutnya. Ternyata salah seorang jemaat ada suhu badan diatas 37 derajat celsius sementara di istirahatkan lebih kurang 10 menit baru dicek ulang kembali ternyata hasilnya normal baru disuruh masuk mengikuti ibadah Gereja. Mencuci Tangan Di Wastafel ; jemaat wajib cuci tangan memakai sabun sesuai protokol kesehatan selama 20 detik mengelap dengan Tisu dan sampah Tisu dibuang pada tempat sampah yang tersedia.

Membawa Tatacara Ibadah Minggu ; jemaat harus tertib mengambil tata cara ibadah tetap menjaga jarak ( Physical Distansing ) Duduk Sesuai Protokol ; jemaat tetap menjaga jarak dan tidak duduk di tanda (×) yang sudah terpampang. TATA Tertib Dalam Gereja ; menghindari kontak fisik seperti bersalaman, berkumpul, cipik-cipiki, tidak berkerumun, tetap menjaga jarak, tidak diperbolehkan bawa anak-anak.

Lingkungan Gereja dan gedung SKM di disnfektan H – 1 sebelum pelaksanaan ibadah dan setelah ibadah. Setiap petugas dilengkapi dengan AMD ( Masker ) sarung tangan latex, faceshield, hand sanitaizer. Gereja mempersiapkan Tim Medis, ibadah hanya disepakati sekali setiap per grup. Tanggal 05/07/20 Grup I, 12/07/20 Grup II, 19/07/20 Grup III, 26/07/20 Grup IV. Leve starming dan online SKM tetap berlaku bagi jemaat yang belum dapat giliran masuk gereja. Salam sehat bagi kita semua semoga kita terhindar dari Covid – 19 dan selamat beribadah dan selamat hari minggu. BRAVO GEREJA HKBP RESSORT CIKAMPEK. (Biro Karawang)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top