GEMANTARA EKDA ACEH MEMINTA PEMERINTAH ACEH PERTIMBANGKAN EKONOMI RAKYAT JIKA LOCKDOWN DIBERLAKUKAN.

GEMANTARA EKDA ACEH MEMINTA PEMERINTAH ACEH PERTIMBANGKAN EKONOMI RAKYAT JIKA LOCKDOWN DIBERLAKUKAN.

Berita Daerah 0 Comment 128

BANDA ACEH, GemantaraNews

Organisasi Gema Nusantara (Gemantara) Eksekutif Daerah Aceh meminta seluruh Masyarakat Aceh mentaati Anjuran Pemerintah untuk menjauh dari keramaian demi percepatan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Aceh.

Ketua Gemantara Ekda Aceh Nazaruddin mengatakan, dari kondisi yang terjadi di lndonesia terhadap kasus wabah covid-19 beliau sangat prihatin, namun disini kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan agar bisa menjaga diri masing-masing secara bersama-sama sehingga kita di lndonesia khususnya di Aceh kasus covid-19 akan semakin teratasi dengan baik dan segera berakhir, ungkapnya, Senin 30 Maret 2020.

“Kita dari Gemantara Ekda Aceh akan terus membantu anjuran pemerintah dengan menyampaikan kepada masyarakat dalam hal bagaimana agar wabah virus ini penularannya bisa diputus seperti melaksanakan, sosial distancing, selalu menjaga kebersihan lingkungan, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, penyemprotan disinfektan dan hal lainnya seperti lebih baik diam dirumah saja kalau tidak ada keperluan yang sifatnya benar-benar urgent, sebagai usaha pencegahan.

Hal ini tentunya semakin mempersempit dan memutus akan penularan virus tersebut, selain itu Kita harus melihat juga apa yang terjadi di negara luar seperti, ltaly, America, Spanyol dan yang lainnya hingga hari ini apa yang terjadi kasus suspect akan virus tersebut semakin meningkat”.

Lebih lanjut ia menambahkan, masyarakat agar mematuhi peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk tetap di rumah dan menjaga jarak (sosial distancing) sehingga dapat memutus mata rantai virus tersebut.

“Apabila hal buruk yang terjadi dimungkinkan Pemerintah Aceh memberlakukan lockdown untuk mengantisipasi wabah virus Covid-19 tersebut. Namun demikian Pemerintah pun harus pula mempertimbangkan aspek yang akan terjadi terhadap ekonomi masyarakat, bagaimana agar masyarakat bisa bertahan apabila Lock Down tersebut benar-benar terjadi. Karena kendala utama yang akan dihadapi masyarakat apabila hal itu (Lock Down) diberlakukan, adalah masalah kesiapan logistik yang harus menjadi perhatian utama bagi pemerintah. mungkin bagi kalangan masyarakat atas (kaya) tidak terlalu berpengaruh, tetapi bagi masyarakat menengah kebawah tentunya hal tersebut akan menjadikan sebuah polemik.

Nazar juga meminta kepada Pemerintah Aceh agar melindungi hak-hak rakyat, sesuai yang tertuang dalam kontitusi negara ini.

“Pemerintah tidak mengabaikan hak-hak rakyat dalam penanganan wabah penyakit menular ini, sebagaimana telah diatur dalam UUD Republik Indonesia nomor 4 tahun 1984, tentang wabah penyakit menular”, ungkapnya.

Menurut Nazar, dalam UUD Nomor 4 tahun 1984 sudah merincikan semuanya, jadi pemerintah cukup menjalankan saja, dan Pemerintah tidak mengabaikan hak-hak rakyat selama masa Lockdown, antara lain memenuhi perihal kebutuhan pangan, kesehatan serta kebutuhan pokok lainnya, selama dalam masa isolasi.

Oleh sebab itu Kami dalam hal ini bukan bermaksud menggurui atau pun menasehati terhadap lebih dahulu akan rencana pemerintah Aceh pada sebuah kuburan massal, hal tersebut pun Kami sangat mengapresiasinya karena tidak ada yang salah dengan persiapan kuburan massal tersebut, tetapi Kami memandang disini mungkin akan lebih bermanfaat apabila hal buruk tersebut terjadi, tetapi kebutuhan masyarakat sudah terpenuhi, dan alangkah sangat bermanfaat lagi apabila keduanya bisa terpenuhi.

Nazaruddin juga menambahkan agar memblock bagi setiap orang Asing yang masuk ke daerah kita masing-masing, begitu juga dengan orang yang pulang dari luar daerah ke kampungnya agar melakukan isolasi mandiri, selain aman dan baik untuk orang lain ataupun lingkungan sekitar juga bagi dirinya sendiri.

Nazar juga mengajak kepada Pemuda untuk mensosialisikan tentang bahayanya virus covid-19 ini. karena mayoritas yang rentan dan suka ngumpul di warung kopi seperti halnya anak-anak muda supaya bisa lebih menjaga diri dan membatasi ruang geraknya, Menjaga diri kita sendiri.(Jafaruddin)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top