GEMANTARA EKBANG ACEH UTARA MENGUNJUNGI CRU COT GIREK

GEMANTARA EKBANG ACEH UTARA MENGUNJUNGI CRU COT GIREK

Berita Daerah 0 Comment 111

ACEH UTARA, GemantaraNews

Gema Nusantara (gemantara) Ekbang Aceh Utara mengunjungi Conservation Response Unit (CRU) di Dusun Alue Buloh Paket 14, Gampong Cot Girek, Minggu, 13/09/3020.

“Dalam kunjungannya ISKANDAR,S.Kom.MSM selaku ketua Gemantara ekbang Aceh Utara Beliau mengatakan kunjungannya hari ini bermaksut untuk melihat langsung seperti apa gajah-gajah yang di tempatkan di kem CRU Cot Girek.

“Dengan kunjungan hari ini saya sudah sedikit tau ilmu tentang gajah dan cara-cara untuk menangani gajah-gajah liar karna sudah mendapatkan pengajaran dari tim penjaga CRU disini, tuturnya,” saat diwawancarai media.

“Menurut pantauannya gajah-gajah yang di tempatkan di CRU Cot Girek semua sehat-sehat saja dan enggak ada yang cacat atau cedera, semua aman dan terkendali.

“Beliau berharap, dengan adanya gajah-gajah jinak tersebut mampu mempercepat respon dan membantu masyarakat mengatasi konflik dan juga menjadi edukasi penting dalam hal pelestarian gajah,” ungkapnya.

“Ferdimansyah salah satu mahout atau pawang gajah di CRU Cot Girek mengatakan
Saat ini ada 4 gajah jinak yang di bawa oleh
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dari sare Aceh Besar ke Conservation Response Unit (CRU) di Dusun Alue Buloh Paket 14, Gampong Cot Giek, Kabupaten Aceh Utara. Penempatan tersebut dilakukan guna untuk mencegah terjadi konflik antara manusia dan gajah liar.

Empat ekor gajah jinak yang ditempati tersebut, dua diantaranya betina bernama Meulu dan Marni dan dua ekor jantan bernama Afan dan Oto.

“Adapun fungsi dari gajah-gajah ini untuk di turunkan langsung ke lapangan apabila ada gajah-gajah liar yang tidak bisa kita usir dengan cara di manual, cara manual mksutnya dengan pakai marcon atau petasan,

Perlu di garis bawahi gajah di CRU ini bukanlah gajah untuk wisata tapi gajah ini untuk mencegah konflik antara gajah liar dan manusia, tutupnya. (Biro aceh utara)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top