GEMANTARA ACEH UTARA MENGAJAK MASYARAKAT AWASI PENGGUNAAN DANA DESA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

GEMANTARA ACEH UTARA MENGAJAK MASYARAKAT AWASI PENGGUNAAN DANA DESA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

Berita Daerah 0 Comment 384

ACEH UTARA, GemantaraNews

Gelontorkan Dana Desa untuk menangani dan mengatasi Covid-19 untuk memastikan anggaran digunakan secara tepat sasaran, dibutuhkan pengawasan masyarakat dan aparat penegak hukum.

Organisasi Gema Nusantara (Gemantara) Berharap Kepada Masyarakat untuk pengawasan secara ketat sejak awal terhadap penggunaan anggaran ini, kata Ketua Gema Nusantara (Gemantara) Eksekutif Cabang Aceh Utara, Iskandar, S. Kom. M.S.M. pada Sabtu (4/4/2020).

Dengan dilakukannya pengawasan secara ketat dari Masyarat maka diyakini bisa terhindar dari adanya penyalahgunaan anggaran. Sebaliknya, jika tidak diawasi dengan ketat maka bisa saja anggaran tersebut disalah gunakan.

“Setidaknya (pengawasan dari Masyarakat) mengurangi potensi penyalahgunaan wewenang dari pelaksana penggunaan anggaran ini,” ucapnya.

Kecuali memang terbukti adanya itikad tidak baik dari pelaksana anggaran Covid 19 seperti suap, kickback, konflik kepentingan terkaitan kekuasaan dan jabatan,” ucapnya mengingatkan

Menurutnya, “Kesalahan atau pelanggaran dari prosedur pencairan atau penggunaan anggaran sebagai persoalan administrasi, jangan terstigma sebagai “Kriminalisasi Kebijakan”. Dalam konteks melaksanakan kebijakan negara seperti Covid-19 ini, persoalan pelanggaran administrasi bukan dan tidak dapat dianggap sebagai perbuatan korupsi,” tuturnya

“Kriminalisasi Kebijakan ini dapat menghambat pelaksanaan atas pencegahan penyebaran masif wabah Covid 19 yang dampaknya mengancam perekonomian Masyarakat.” Tutupnya (Juned)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top