GEMA NUSANTARA RIAU BERIKAN BANTUAN KEPADA PETANI KEDABU RAPAT MERANTI SATU UNIT ALAT PENYULINGAN SERAI WANGI

GEMA NUSANTARA RIAU BERIKAN BANTUAN KEPADA PETANI KEDABU RAPAT MERANTI SATU UNIT ALAT PENYULINGAN SERAI WANGI

Serba-serbi 0 Comment 82

MERANTI RIAU, GemantaraNews

Dalam rangka penyerahan alat penyulingan serai wangi yang dilakukan oleh Ketua Gema Nusantara Badan Eksekutif Daerah Provinsi Riau Muhamad harles bersama Ketua Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Kabupaten Kepulauan Meranti Nurhakim, diDesa kedabu rapat.
selasa ( 21/ 01/ 2020), pagi sekira pukul 10.00 wib.

Dalam agenda penyerahan alat penyulingan serai wangi dikedabu rapat tersebut Ketua Badan Eksekutif Daerah Provinsi Riau dan anggotanya menyerahankan langsung satu unit alat penyuligan serai wangi kepada Ketua Lembaga ekonomi masyarakat (LEM)
Kabupaten meranti ,Nurhakim.

Sebelumnya ketua Gema Nusantara Provinsi Riau terlebih dahulu memperkenalkan alat penyulingan,serai wangi tersebut. terhadap Ketua (LEM) Nurhakim sekaligus menjelaskan cara mengoprasikan alat penyulingan tersebut.

tanaman serai wangi adalah salah satu tanaman yang ramah lingkungan, yang mudah dibudidayakan oleh Masyarakat,dalam pengolahannya pun tidak begitu susah.
Dalam 100kg daun serai wangi bisa mengahasilkan proses penyulingan minyak serai sebanyak 1kg atau lebih dalam waktu penyulingan 2 sampai 3jam saja,” ujarnya

Trimakasih kepada Ketua Gema nusantara Provinsi Riau berserta anggotanya yang sudah memberikan bantuan alat penyulingan terhadap Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) kabupaten Meranti yang saya pimpin ini, saya berharap untuk kedepan ,petani diDesa kedabu rapat bisa memperluaskan lagi lahan pertanian tumbuhan serai wangi yang mereka miliki,” harap Nurhakim selaku Ketua Lembaga Ekonomi masyarakat Kabupaten kepulauan Meranti.

Ia juga menambahkan akan terus membudidayakan tumbuh tumbuhan ordo graminales ini melalui kelompok tani maupun Masyarakat yang ada diMeranti dibawah naungan (LEM), “pintanya.

Dikatakan oleh Ketua Gema Nusantara Provinsi Riau dalam hal tersebut tumbuhan serai wangi juga adalah jenis tumbuh tumbuhan ordo graminales dapat dimanfaatkan bagi Masyarakat,sebagai pengusir nyamuk ini juga memang sangat mudah untuk ditanami dilahan gambut khusus nya di Kecamatan Ransang pesisir kabupaten Meranti ini, paparnya terhadap salah seorang petani yang berada didesa kedabu rapat tersebut.

Sementara itu Ketua Gemanusantara Badan Eksekutif Provinsi Riau Muhamad Harles berharap kepada Masyarakat Desa kedabu rapat Rangsang pesisir ,umumnya terhadap Masyarakat Meranti lebih konsisten lagi dalam membudidayakan tumbuhan serai wangi tersebut.

Selanjutnya itu Ketua Gema Nusantara Badan Eksekutif Daerah Provinsi Riau Muhamad Harles mengatakan
Permasalahan penyediaan bibit,penyuluhan pendampingan terhadap pembudidayaan pemasaran serai wangi sekaligus bantuan alat penyulingan akan disupport oleh Gema Nusantara,”Tutupnya.(yan)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top