GEMA NUSANTARA EKBANG KAB TANGERANG MENGHADIRI ACARA PENYULUHAN BUDAYA BANGSA OLEH DINAS KESATUAN BANGSA DAN POLITIK (KESBANGPOL) KABUPATEN TANGERANG.

GEMA NUSANTARA EKBANG KAB TANGERANG MENGHADIRI ACARA PENYULUHAN BUDAYA BANGSA OLEH DINAS KESATUAN BANGSA DAN POLITIK (KESBANGPOL) KABUPATEN TANGERANG.

Berita Daerah 0 Comment 66

TANGERANG, Gemantaranews

Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik disingkat KESBANGPOL mengundang seluruh ormas dan budayawan se-KABUPATEN TANGERANG dalam tajuk “Penyuluhan Peningkatan Nilai-Nilai Luhur Budaya Bangsa 2019” pada Rabu, 31 juli 2019 yang diselenggarakan di Ruang Rapat Parakan PU Tigaraksa KABUPATEN TANGERANG. Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah jam ini, dipimpin langsung oleh Ketua Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) KABUPATEN TANGERANG H. AHMAD HIDAYAT S.Pd. didampingi pula Kepala Seksi Ketahanan Bangsa OON NURONI, S.Sos serta beberapa narasumber diantaranya Ketua KESBANGPOL Kota Tangerang Selatan TB. SURYADI, Tokoh Masyarakat Provinsi Banten KH. ARDANI selaku pembicara khusus, dan mediator tanya jawab acara ini.

Dalam acara yang dihadiri oleh 25 ORMAS, LSM, dan YAYASAN yang ada di KABUPATEN TANGERANG, diantaranya adalah: 1. PADEPOKAN SINATRIA SUNDA, 2. PERKUMPULAN SANGGAR GENDANG ABAH ULUD, 3. YAYASAN KESULTANAN CIREBON, 4. SETIA HATI TERATE, 5. SETIA HATI TERATE TANGERANG, 6. IKATAN PRANTAU SRIWIJAYA, 7. FORUM KOMUNIKASI SANTRI KAB. TANGERANG, 8. IKKBL, 9. PADEPOKAN PENCAK SILAT BEKI, 10. PEWARTA, 11. PAGUYUBAN PASUNDAN, 12. FORUM KEMALA, 13. YAYASAN AMANAT PERJUANGAN RAKYAT MALANG, 14. FORUM KELUARGA BESAR SUMATERA BAGIAN SELATAN, 15. KESTI TKDH, 16. LSM GERAKAN BANGSA DAN KEADILAN, 17. YAYASAN DAARUL FALAHIYAH, 18. YAYASAN KELUARGA BESAR JURAI SEMENDE NUSANTARA, 19. AMGI, 20. LASQI tak lupa juga GEMA NUSANTARA EKBANG KABUPATEN TANGERANG serta beberapa ormas lainnya yang ikut hadir dalam rapat tersebut. Mengedepankan persoalan moral dan nilai-nilai luhur budaya di masyarakat yang sudah mulai terkikis oleh pesatnya kemajuan zaman dan tekhnologi yang sangat mempengaruhi perubahan sikap para generasi muda sekarang ini.

Menurut narasumber KH. ARDANI selaku tokoh masyarakat dan agama provinsi Banten. Peran penting ormas dan lembaga lainnya di masyarakat dalam mensosialisasikan kembali peningkatan nilai-nilai luhur budaya bangsa amat dibutuhkan, guna membangun kembali kesadaran masyarakat akan budaya budaya di Indonesia yang sudah mulai hilang dari benak anak-anak muda zaman sekarang. Budaya dan nilai-nilai bernegara adalah kekuatan bangsa Indonesia yang seharusnya mendapat perhatian khusus dari semua elemen lapisan masyarakat.

Keprihatinan ini menyita perhatian pemerintah khususnya jajaran Dinas Sosial dan Pendidikan tidak terkecuali ormas dan lembaga-lembaga di masyarakat dalam membangun kembali kesadaran generasi muda akan pentingnya nilai-nilai luhur budaya yg ada di dalam lingkungan kita sendiri.

KH. ARDANI Menjelaskan tokoh agama, ulama, dan para orang tua yang juga bagian dari masyarakat itu sendiri agar lebih berperan aktif dalam membina lingkungan sekitarnya guna menumbuh kembangkan kembali tentang besarnya nilai-nilai luhur budaya dalam berbangsa dan bernegara. Sebab seiring kemajuan zaman perubahan adat dan budaya di masyarakat, khususnya generasi muda yang amat diharapkan menjadi generasi penerus bangsa sudah mulai hilang di dalam diri mereka masing-masing.

Lemahnya pengawasan orang tua serta mudahnya akses informasi melalui tekhnologi dalam menerima berita dan informasi dari luar, amat mempengaruhi perubahan sikap anak-anak muda zaman sekarang, sehingga kecintaannya kepada budaya bangsa sendiri cenderung sudah mulai dilupakan dan dikesampingkan. mereka lebih mengedepankan budaya budaya asing yang mereka terima melalui media media internet dengan alat-alat modern yang ada saat ini.

Menurut narasumber yang juga Ketua Kesatuan Bangsa dan Politik kota Tangerang Selatan TB. SURYADI Ormas dan LSM serta yayasan yang ada di KABUPATEN TANGERANG, bisa berperan serta dalam membina dan mengenal kembali arti kesopanan, nilai-nilai kearifan dan khususnya budaya budaya Indonesia di lingkungan mereka sendiri. Sebagai kekuatan bangsa di mata dunia yang memiliki beragam macam peradaban dan budaya adalah sumber kekuatan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa bangsa lain di dunia ini.

Oleh karena itu semua berharap dalam rapat forum yang diadakan KESBANGPOL KABUPATEN TANGERANG ini bisa memberikan dampak dan perubahan yang lebih baik di masyarakat, karena ormas dan lembaga lainnya adalah kontrol di masyarakat itu sendiri yang seharusnya lebih memperhatikan apa-apa yang terjadi di sekitarnya, karena tanggung jawab ini adalah tanggung jawab kita semua sebagai warga negara Indonesia.

Di sela-sela pembicaraan moderator memberi kesempatan bagi para peserta undangan yang hadir untuk bertanya dan mengutarakan kendala-kendala yang dihadapi dalam bermasyarakat khususnya pengenalan budaya daerah itu sendiri. Menurut salah satu perwakilan ormas yang juga Budayawan dari PADEPOKAN SINATRIA SUNDA KABUPATEN TANGERANG, KOSTIAWAN NATADIPRAJA atau yang akrab di sapa Abah Engkos kesulitan yang dihadapi dalam mensosialisasikan kebudayaan daerah kepada generasi muda adalah kurangnya dukungan dan perhatian pemerintah kepada lembaga-lembaga dan ormas yang hanya bergerak sendiri-sendiri. Kekurangan ini mengakibatkan lambatnya respon generasi muda dalam menanggapi event-event atau acara yang bertajuk kebudayaan negeri sendiri.

Menurutnya pemerintah harus lebih memfasilitasi kegiatan -kegiatan lembaga masyarakat agar lebih meriah dan lebih menarik perhatian generasi muda dalam memberi informasi kepada mereka tentang kebudayaan kebudayaan yang ada di negeri ini agar lebih diminati dan lebih di cintai. Beliau mengajak “Mari kita bersama-sama memberi semangat dan dorongan kepada seluruh lapisan elemen masyarakat khususnya lembaga, yayasan, dan ormas yg legal dan resmi terdaftar di pemerintah agar lebih mendapat perhatian dari semua kalangan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara demi pesatnya persaingan global di era milenial ini”.(Febri/ Agus)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top