GEMA NUSANTARA BUKANLAH ORGANISASI BODREX (PART 2)

GEMA NUSANTARA BUKANLAH ORGANISASI BODREX (PART 2)

Serba-serbi 0 Comment 59

LAMPUNG TIMUR, Gemantantaranews

Sebagai Lembaga atau Organisasi Masyarakat(ORMAS) GEMA NUSANTARA yang dapat di bilang masih sangat dini atau dengan bahasa masih seumur jagung GEMA NUSANTARA yang merupakan sebuah kesatuan dari MEDIA GEMANTARA NEWS DAN BAYANGKARA ONE. telah menempatkan posisi ORMAS sebagai komponen utama Organisasi Masyarakat sipil di Indonesia yang masih lemah di banding dengan Pemerintah dan sektor swasta. maka dengan lahirnya GEMA NUSANTARA dan MEDIA, implikasinya ikut berperan sebagai kekuatan penyeimbang terhadap Pemerintah dan sektor Swasta yang belum optimal.

Dengan Lahirnya GEMA NUSANTARA tak lain adalah merupakan sebuah panggilan jiwa dari para pendiri ORMAS yang saat ini tampuh kepemimpinan di tangan Bapak UCUP SUPRIATNA, SE.( kang ucha ) yang semua itu juga untuk sebuah Negara Demokrasi yang menghendaki adanya kesetaraan dan keseimbangan posisi dan peran dari tiga pilar yakni Pemerintah, Swasta dan Masyarakat sipil.

kang ucha yang di bantu oleh jajaran Eksekutif Nasional(EKNAS) selalu berjuang dan upaya guna memperkuat posisi dan peran komunitas ORMAS Indonesia dari masa Orde Baru hingga pasca Reformasi yang telah banyak menghadapi berbagai tantangan yang pada saat itu jumlah ORMAS dan LSM serta MEDIA keberadaannya sangatlah minim atau sangat terbatas untuk ruang kebebasan Berorganisasi dan Beraktifitas, justru sebaliknya pasca Reformasi ketika ruang kebebasan terbuka sangat luas, tumbuh berbagai Organisasi yang menyebut dirinya LSM, dan MEDIA. jika sebelumnya LSM dan MEDIA hanya di dirikan di Kota Kota Besar dan Ibu Kota Provinsi oleh kalangan kelas menengah keatas, akan tetapi untuk sekarang ini justru ORMAS dan LSM serta MEDIA telah tumbuh pesat dan menjamur mereka telah tumbuh liar bukan hanya di tingkat Provinsi saja melainkan hingga sampai kepelosok Negeri ini.

Fenomenanya umum yang terjadi hampir semua kalangan mendirikan LSM, mulai dari politisi, Anggota DPR/ DPRD, Pejabat Pemerintah, Pengusaha, dan bahkan Kelompok maupun Individu yang memiliki kepentingan tertentu.maka dengan adanya kehadiran Lembaga ini (GEMA NUSANTARA) tidak di pungkiri selain di picu oleh Euforia, juga di motivasi oleh berbagai alasan dan tujuan yang tidak seluruhnya sejalan dengan layaknya Misi Pendirian sebuah LEMBAGA.

Mengingat implikasi yang terjadi adalah derasnya sebuah arus ketidakpercayaan( Distust) publik yang melanda komunitas Lembaga atau Ormas Indonesia yang tak dapat di bendung meski hanya sejumlah kalangan yang menyalahgunakan dengan mengatas namakan Lembaga maupun Ormas, yang tentunya itu semua hanya yang berkepentingan Politik Praktis, atau kepentingan kelompok atau keuntungan Pribadi, yang tentunya telah membuat publik terlanjur membuat Generalisasi yang keliru dan Stigma Negatif terhadap seluruh komunitas LSM dan ORMAS di Indonesia.

Ormas Gema Nusantara di bawah Pimpinan Ucup Supriatna ( kang ucha )dan sebagai Organisasi Masyarakat sipil yang mengandalkan kekuatan dan gerakannya di atas kepercayaan dan dukungan para Stekholder, tidak pernah mengabaikan krisis kepercayaan yang terus menggerogotinya. dan kang ucha juga tidak memungkiri bahwa dengan menjamurnya Organisasi yang menyebut dirinya LSM pasca Reformasi Tahun 1998 telah merusak kredibilitas dan legitimasi komunitas ORMAS atau LSM di Indonesia. ketidakpedulian dan penyangkalan( Denial) terhadap tuntutan akuntabilitasa ORMAS maupun MEDIA. yang dapat mengancam peran dan perjuangan ORMAS dan MEDIA untuk kepentingan yang lebih besar dalam mendorong proses Demokratisasi di semua arena Politik lokal dan Politik Nasional mau Global.

Untuk itu Pembenahan Akuntabilitas selalu di lakukan oleh sosok seorang Pemimpin( kang ucha) panggilan akrabnya sebagai bentuk penegakan Kode Etik, dengan cara pendekatan terhadap Jajaran maupun seluruh Pimpinan yang ada di Daerah baik tingkat Provinsi, Kabupaten/ Kota hingga sampai ketingkat Kecamatan di seluruh Indonesia.

Pendekatan adalah langkah yang di pilih oleh sang Pemimpin adalah untuk meningkatkan Akuntabilitas ORMAS dan MEDIA guna untuk mendorong terjadinya aksi Reflexsi (Praxis) baik dari dalam atau jauh supaya lebih Partisipatif dan membebaskan dari pada sesuatu yang di paksakan dari luar.

Sejalan dengan adanya pandangan tersebut maka Transfomasi merupakan sebuah nilai dan prilaku yang akan di kembangkan oleh GEMA NUSANTARA, GEMANTARA NEWS DAN BAYANGKARA ONE. karena semua itu merupakan yang bersifat umum dan terbuka serta otonom dan bebas dari pengaruh sebuah kepentingan Pemerintah.maka GEMA NUSANTARA sangat menghormati akan keberagaman dan keberadaan sesama Ormas yang mempunyai komitmen serta kepedulian program dan kegiatan maupun pelayanan yang jelas terhadap Masyarakat.

GEMA NUSANTARA selalu mengembangkan solidaritas dan kerjasama berdasarkan kemitraan untuk penguatan Masyarakat serta selalu mengedepankan kerjasama baik secara pribadi maupun kelompok untuk mengembangkan Plofesionalisme yang di dasarkan pada Didikasi dan kejujuran dalam penyampaian atau melayani baik untuk Anggota GEMA NUSANTARA maupun terhadap Masyarakat karna itu sebuah organisasi adalah Agennya pemerintah.( Bambang.S)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top