GAMPONG BEURINGIN LB JADI PILOT PROJEK KAMPUNG TANGUH NUSANTARA

GAMPONG BEURINGIN LB JADI PILOT PROJEK KAMPUNG TANGUH NUSANTARA

Berita Daerah 0 Comment 143

ACEH UTARA, GemantaraNews

Gampong Beuringin LB, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara menjadi Pilot Projek Kampung Tangguh Nusantara (KTN). mengusung tema ‘Tangguh Kesehatan, Tangguh Bencana, Tangguh Pangan, dan Tangguh Keamanan’.

Abu Bakar Sebagai Geuchik Gampong Beuringin Lb, sangat berterima kasih kepada Pihak Kabupaten Aceh Utara dan Polres Aceh Utara Yang telah memilih Gampong Kami sebagai salah satu Kampung Tangguh Nusantara (KTN).

Harapan kami kepada masyarakat khususnya Gampong Beuringin LB dalam hal ini juga terus membangkitkan semangat sinergitas agar program KTN terlaksana dengan sukses serta program ini dapat terus berjalan secara berkelanjutan sebagaimana harapan kita bersama,” Ujar Abubakar.

Di tengah pademi COVID-19 ini, Gampong Beuringin LB, selalu siaga terhadap Pandemi COVID-19, bahkan pihaknya jauh-jauh hari telah menyiapkan posko COVID-19 serta tempat isolasi, apabila ada warga yang pulang dari perantauan dapat mengisolasi diri di posko yang telah disiapkan tersebut. Dan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Gampong Beuringin LB dalam menjaga kesehatan, terutama dapat terhindar dari COVID-19 yang tengah mewabah di Indonesia.

Drs. Amir Hamzah selaku Ketua KTN menyampaikan bahwa pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak Gampong agar program ini dapat berjalan lancar.

Yang mana hasil musyawarah lintas sektor maka kita pilih Desa Beuringin LB sebagai pilot Projek Kampung Tangguh,

Amir Hamzah mengatakan, Tangguh di segi keamanan, di sini ada pos Kamling, ada aturan-aturannya di kampung dibuat oleh perangkat desa misalnya 1 x 24 jam tamu wajib melapor. Begitu juga warga dari luar daerah jadi harus melapor di tengah pandemi COVID-19.

“Begitu juga Tangguh pertanian dan ketahanan pangan apabila terjadi bencana bagaimana masyarakat bisa menyiapkan dan menghidupkan diri sendiri dalam beberapa hari di saat terjadi bencana sambil menunggu bantuan-bantuan dari pemerintah. Semua ini kita lakukan dengan lintas sektor terkait. Tidak mungkin kita lakukan sendiri-sendiri jadi yang nampak bukan dinasnya, bukan BPBD, bukan pertanian, bukan kesehatan. Semua elemen nampak di sini,” kata Amir Hamzah lagi.

“Kita hanya memback-up. Kita bimbing mereka, itu yang paling penting. Kegiatan ini nanti bukan seremonial tetapi benar-benar tangguh. Bila perlu masyarakat lain di Aceh Utara dapat mencontoh di desa tangguh ini. Saya lihat Bapak Geuchik, masyarakat di sini sangat antusias sekali,” tambah Amir.

Lebih lanjutnya Amir Hamzah mengatakan, setiap desa di masing-masing kecamatan nantinya Desa Tangguh harus ada yang dibentuk oleh pihak kecamatan. Di sini launching tingkat kabupaten di Gampong Beuringin LB.

Amir Hamzah mengatakan 852 Gampong di Aceh Utara harus Tangguh semuanya. Masyarakat sebenarnya sudah terlatih, cuma sekarang kita poles-poles saja, kita ingatkan lagi materi-materi yang perlu dipahami. Intinya semua lintas sektor terkait bergabung dalam menyukseskan program ini,” sebutnya lagi. (juned)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top