GAMPONG ALUE LEUKOT PAYA BAKONG ACEH UTARA KRISIS AIR,WARGA TERPAKSA BELI AIR DRIGEN.

GAMPONG ALUE LEUKOT PAYA BAKONG ACEH UTARA KRISIS AIR,WARGA TERPAKSA BELI AIR DRIGEN.

Peristiwa 0 Comment 33

ACEH UTARA, GemantaraNews

Menghadapai Musim Kemarau berkepanjangan selama ini, Masyarakat gampong alue leukot Kecamatan Paya Bakong Kabupaten aceh Utara Krisis Air Bersih.

Akibat nya Masayarakat setempat untuk keperluan sehari terpaksa harus mengeluarkan biaya untuk membeli air konsumsi dan mandi warga dengan biaya mahal.

Geuchik Gampong alue leukot Kumoini Mengatakan, selama musim kemarau tiba, seluruh Masyarakat di desa tersebut sangat kesulitan air.ungkap nya.
“kami warga disini serba kesulitan dalam menghadapi musim kemarau untuk kebutuhan minum ataupun mandi harus menempuh perjalanan 3 KM dari desa nya hingga kesungai”

Selain krisis air bersih di desa tersebut juga masyarakat kusus nya para Petani juga membutuhkan saluran irigasi krueng keureto secepat nya rampung dikerjakan, karna mengingat setiap musim turun kesawah para petani desa itu sering terkendala nyakni gagal panen merugikan puluhan juta Rupiah,jelas M,Hasan salah seorang petani desa alue leukot,kepada aceh online. Co,Sabtu 29 Feb 2020.
“kami setiap turun kesawah itu harus menunggu musim hujan tiba,kenapa demikian karna belum ada saluran irigasi saat ini, kalau untuk pengadaan mesin pompa air aliri kesawah dari dana desa ,tentu tidak sesuai karna menghabiskan anggara biaya tidak mencukupi,dengan kesulitan air saat kekeringan tanaman padi kadang saya harus mengangkut dengan drigen sangat melelahkan dan hasil nya sangat nihil”

Geusyik Kumoini mengharapan masyarakat gampong Alue Leukot kepada Pemerintah Daerah bersama Muspika Paya Bakong Aceh Utara ,dapat membantu segera keluhan masyarakat, apalagi saluran penyaluran penghubung air bersih sudah mempunyan pipa PDAM yang dibangun Tahun 2007 Oleh salah satu kontraktor dapat dipungsikan kembali,sehingga masyarakat dapat menikmati Air bersih oleh masyarakat desa setempat, tutup nya.

Jumlah KK yang menetap secara keseluruhan di gampong Alue Leukot sebanyak 50 KK dan jumlah Jiwa seluruh nya berjumlah 185 jiwa.
Selain itu Untuk Perencanaaan tahun 2020,dalam musyawarah bersama di desa tersebut akan membuka 800 meter Jalan baru, Plat beton, 2 unit dan sejumlah pembangunan lain nya.(HAMDANI)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top