FESTIVAL GOYANG KARAWANG INTERNASIONAL 2019 MECAHKAN REKOR MURI

FESTIVAL GOYANG KARAWANG INTERNASIONAL 2019 MECAHKAN REKOR MURI

Budaya 0 Comment 36

KARAWANG, Gemantaranews

Festival Goyang Karawang Internasional yang berlangsung tanggal 26–29 September 2019 sangat meriah berhasil masuk catatan Museum Rekor Dunia Indonesia ( MURI ) Tarian Khas Tradisional Goyang Karawang yang digelar secara massal dan di saksikan senior manajer MURI, Awan Raharja di ikuti 17 ribu peserta sudah masuk di catat rekor Indonesia, tidak hanya secara nasional dan menggambarkan masuk rekor dunia yang diyakini MURI sendiri.

Penari dari 15 negara ikut juga memeriahkan Festival goyang Karawang, menurut tim MURI dalam penilaian tidak terlalu memperhatikan teknik, gerak, kostum, dan durasi dalam melakukan pencatatan rekor. Perhatian MURI hanya berkaitan dengan jumlah orang yang mengikuti Tarian goyang Karawang itu sendiri.

Peserta Penari dari daerah Karawang di ikuti 30 Kecamatan, Aparatur Sipil Negara, serta perwakilan sanggar seni. Menurut kepala bidang pemasaran Area ( Jawa ) Kementerian pariwisata ( KEMENPAR ) , Wawan Gunawan bahwa Tarian goyang Karawang untuk menjaga dan melestarikan seni budaya daerah sehingga dapat menarik perhatian dunia akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan di Karawang Jawa Barat. Pertunjukan ini luar biasa karena diikuti 15 Negara diantaranya; Thailand, Laos, Australia, Vietnam, Malaysia, Singapura, Korea, Azerbaijan, Jepang, Negara bagian California, Filipina, Meksiko, Madagaskar, Tiongkok dan Jerman.

Menurut Kepala Dinas pariwisata dan kebudayaan ( Disparbud ) Ok ih Hermawan dari sisi empiris, goyang Karawang adalah seni induk dari “Ketua Tilu”, kliningan dan jaipong, yang tercermin dalam kesenian Topeng Banten. Goyang Karawang ada jauh sebelum sebelum Jaipong lahir namun tidak ada yang tahu sejak kapan istilah itu sendiri muncul dan siapa yang menyematkan kepada Karawang. Sekarang tinggal bagaimana meluruskannya, karena sebagian orang masih berfikir “ngeras” ketika mendengar istilah goyang Karawang. (Op/NS)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top