DIRLANTAS POLDA ACEH PEDULI KAUM DISABILITAS UNTUK MENDAPATKAN SIM

DIRLANTAS POLDA ACEH PEDULI KAUM DISABILITAS UNTUK MENDAPATKAN SIM

TNI / Polri 0 Comment 27

BANDA ACEH, GemantaraNews

Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol. Dicky Sondani, S.I.K., M.H, membantu seorang penyandang disabilitas untuk mendapatkan SIM golongan D.

Demikian kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Ery Apriyono, S. I. K., M. Si, dalam siaran persnya, Kamis (16/07/2020).

Dijelaskan Kabid Humas, sesuai amanat Undang- Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, dijelaskan bahwa pengendara kendaraan bermotor yg mengalami Disabilitas berhak mendapatkan SIM golongan D setelah lulus ujian teori dan praktek.

Namun masih banyak penyandang disabilitas yang sudah mampu mengendarai kendaraan sepeda motor yang sudah dimodifikasi khusus, belum memiliki SIM D, sebut Kabid Humas.

Dirlantas Polda Aceh kemudian mencari dan menemukan seorang penyandang disabilitas
sebut saja Anwar kelahiran di Gampong U. Sibak pada tanggal 16 September 1991 dan berprofesi sebagai mekanik bengkel sepeda motor dan kini sudah tinggal di Kampung Anjib dusun TH Yusuf , Assoe Nanggroe Kecamatan Meuraxa Kota Madya Banda Aceh, jelas Kabid Humas.

Lalu Dirlantas menyarankan kepadanya untuk dites kemampuannya mengendarai sepeda motor supaya mendapatkan SIM D, dan itu disanggupi oleh saudara Anwar tersebut, kata Kabid Humas.

Akhirnya saudara Anwar mengikuti mekanisme untuk mendapatkan SIM seperti tes teori dan tes praktek pada Kamis (16/7) mulai pukul 09.00 wib hingga selesai di .lapangan tes uji SIM Polresta Banda Aceh, kata Kabid Humas.

Saat dilakukan tes uji Sim D tersebut berjalan dengan baik dan yang bersangkutan dapat menyelesaikan dengan memperoleh hasil lulus baik tes teori maupun praktek, sehingga berhak mendapatkan SIM D dan langsung di serahkan Dirlantas Polda Aceh kepadanya, kata Kabid Humas.

Setelah menerima SIM D saudara Anwar merasa senang, sehingga ia tidak kuatir lagi apabila ada pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan raya oleh petugas, kata Kabid Humas.

Dirlantas Polda Aceh juga menyarankan kepada penyandang disabilitas lain yang belum memiliki SIM D dan berdomisili di Aceh, dapat memperoleh SIM D dengan mengikuti mekanismenya di setiap pelayanan SIM di Polres dan SIM D tersebut juga berlaku di seluruh Indonesia sama seperti SIM yang lain, kata Kabid Humas lagi. (Sayed pasee)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top