DIDUGA LANGGAR UU KETENAGAKERJAAN, JNE DEPOK DIDEMO MANTAN PEKERJA !

DIDUGA LANGGAR UU KETENAGAKERJAAN, JNE DEPOK DIDEMO MANTAN PEKERJA !

Peristiwa 0 Comment 143

DEPOK, GemantaraNews

sejumlah mantan karyawan melakukan unjuk rasa di depan kantor PT. Indah Berkah Bersaudara (JNE Depok).

Melalui kuasa hukumnya, Andrew Fritz Limahelu, S.H (Sekretaris Gemantara Depok), Nugroho Yantora S.H, dan M. Fiqri Ansyori, S.H dari Badan Advokasi Masyarakat Karang Taruna Kelurahan Baktijaya (BAM-KATAR BAKTIJAYA) bersama belasan Pekerja dari PT. Indah Berkah Bersaudara yang merupakan badan usaha dibidang pengiriman dan logistic, atau yang lebih dikenal sebagai JNE Depok, berupaya untuk dapat melakukan musyawarah terkait dugaan adanya pelanggaran upah dan kontrak kerja yang diberlakukan oleh Perusahaan.

“Adanya ketidak-cocokan antara data yang dilaporkan pihak Perusahaan, dengan slip gaji yang diterima oleh rekan-rekan tenaga kerja,” jelas Andrew, Jum’at (16/11/2019).

Ketidak sesuaian data dan slip gaji tersebut, timbul karena ketidak-jelasan perhitungan upah yang diberikan kepada Pekerja.

Andrew menaksir besaran kerugian yang diderita seluruh Pekerja PT. Indah Berkah Bersaudara hingga mencapai Rp1,4 miliar.

“Hal sebagaimana dijelaskan oleh Andrew mengindikasikan bahwa selain terjadi pelanggaran atas Undang-Undang Ketenagakerjaan, patut diduga pula telah terjadi Tindak Pidana Penggelapan dalam Jabatan,” Tambah Nugroho.

“Bahwa kami ini sudah menyelesaikan masa percobaan selama tiga bulan.” tegas Gibran, mantan buruh PT Indah Berkah Bersaudara yang juga menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Baktijaya Kota Depok, “artinya dalam undang-undang (menegaskan) ketika buruh atau karyawan yang telah melakukan masa percobaan selama tiga bulan, maka harus dijadikan karyawan tetap,”

Gibran juga menambahkan bahwa Perusahaan seharusnya menetapkan karyawan tersebut menjadi pekerja tetap, bukan memperjanjikan pekerja yang telah melalui masa percobaan menjadi pekerja kontrak. Gibran menyebut, tindakan Perusahaan telah melanggar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 100 Tahun 2004 dan Peraturan Daerah Kota Depok.

Ia juga menganggap, PT Indah Berkah Bersaudara hingga kini belum mempunyai itikad baik dalam menyelesaikan kasus pengakhiran hubungan kerja beberapa Pekerja yang diantaranya merupakan Pengurus Karang Taruna Baktijaya Kota Depok. Untuk itu Tim BAM-KATAR BAKTIJAYA yang dalam hal ini diwakili oleh Andrew, Nugroho, dan Fiqri, akan membawa permasalahan dugaan pelanggaran upah dan kontrak kerja ini melalui jalur hukum apabila PT. Indah Berkah Bersaudara masih juga tak beritikad untuk mengupayakan penyelesaiannya. (taufiknasution)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top