DI DUGA SEORANG KADES DI CIANJUR MELAKUKAN PENYUNATAN SECARA MASAL TERHADAP BLT-DD

DI DUGA SEORANG KADES DI CIANJUR MELAKUKAN PENYUNATAN SECARA MASAL TERHADAP BLT-DD

Kriminal 0 Comment 273

CIANJUR, GemantaraNews

Salah satu Program BLT-Dana Desa, Bantuan Langsung Tunai, masyarakat yang seharusnya menerima Rp.600 rb tetapi hanya menerima Rp.130 + 50 rb sebagai uang bensin pengambilan BLT DD yang di ambilnya di Kantor Desa Jayagiri, Kec.Sukanagara, sementara sisanya Rp. 480 rb di bagikan secara merata oleh masing-masing RT.

Tetapi saat di konfirmasi kepada Kepala Desa Jayagiri oleh Ketua KPK JABAR Korwil Cianjur Selatan, Kepala Desa (Wawan Setiawan) menyatakan tidak tahu menahu perihal mekanisme pembagian BLT-DD tersebut, Karna semua sudah di serahkan ke masing-masing RT yang disetujui BPD Jayagiri.

Setelah terjadi pembagian BLT-DD masyarakat penerima bantuan merasa keberatan karna dirinya menerima bantuan hanya Rp.130 rb. Beberapa penerima BLT-DD langsung mendatangi Kantor KPK JABAR Korwil Cianjur Selatan untuk mengadukan hal tersebut dan meminta KPK JABAR untuk segera membantu memproses secara Hukum dan melanjutkannya kepada APH.

AA Jaelani SH Ketua KPK JABAR Korwil Cianjur Selatan menegaskan Penggunaan BLT-DD harus diterima oleh warga masyarakat sebesar Rp.600 rb per bulan selama tiga bulan berturut-turut itu sesuai dengan Peraturan Mentri Desa PDTT Dana Desa.

Tetapi pada kenyataannya di Desa Jayagiri, Kecamatan Sukanagara terjadi pemotongan Pembagian BLT DD tidak sesuai dengan UU no. 6 Th 2020 tentang Pembagian Bantuan Dana Desa BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang dibagikan kepada warganya hanya menerima Rp.130 rb selebihnya di bagikan oleh Ketua RT secara merata kepada yang belum menerima bantuan.

Dan anehnya hal tersebut saat di konfirmasi oleh Tim KPK JABAR kepada Ketua BPD berikut anggota BPD serta salah satu RT mereka tidak mengakuinya bahkan menyatakan kebijakan itu berasal dari Kepala Desa Jayagiri , selanjutnya saat dimintai keterangan salah satu RT tersebut mengakui tindakannya di lakukan sesuai perintah Pemerintah Desa serta berdasarkan data rincian pencairan Dana Bantuan Langsung Dana Desa Jayagiri Tahun 2020 yang di terimanya langsung dari Desa, Jum’at (24 /07/20).
(Biro cianjur)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top