DI DUGA” PEMASANGAN UDITH UNTUK SALURAN AIR DIJALUR REL KEREAT API TIDAK SESUAI DENGAN JUKNIS

DI DUGA” PEMASANGAN UDITH UNTUK SALURAN AIR DIJALUR REL KEREAT API TIDAK SESUAI DENGAN JUKNIS

Peristiwa 0 Comment 159

LABUHANBATU, GemantaraNews

Pembangunan jalur rel kreta api Rantauprapat-kota pinang (RPK) salah satu proyek strategis nasional penghubung riau-sumatera Utara atau trans Sumatera.

Dalam pembangunan jalur rel kreta api banyak jenis item pekerjaan termasuk pembuatan U ditch dan pemasangannya dilintasan sepanjang jalur rel kreta api yang di timbun.

Pasalnya pelaksanaan pemasangan, U ditch berukuran P 120cm, L 78cm ,T 88cm dan Tebal 9cm, di kelurahan wurung kompas, kecamatan rantau Selatan, kabupaten labuhan batu sebahagian langsung diletakkan diatas permukaan tanah yang sudah digali pakai excavator beko.

U ditch adalah saluran drainase pracetak yang memiliki bentuk U, pemasangan yang tidak benar akan berpotensi terjadinya penyumbatan air sehingga harus dikerjakan oleh ahli yang profesional.

Pantauan Gemantaranews bersama team dilokasi, u ditch yang dipasang sebagian ada yang retak dan pecah. Anehnya U ditch yang terpasang satu dengan yang lain tidak menyatu sambungannya, berjarak sampai lebih kurang 5 cm (kerenggangan).
Digalian dasar tanah tidak terlihat ada sirtu atau pasir.

Juga tampak pekerja dilokasi diduga tidak ada mengenakan alat pelindung diri ( APD ) diduga perusahaan ini mengabaikan permen tenaga kerja RI no.per-5/men/1996 tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Pekerja yang didapat dilokasi mengaku sebahagian warga kampung lalang dan orang Medan. Saat dikonfirmasi aman mengatakan,” sudah 102 U ditch yang terpasang dan pengawas disini tidak ada, kami menunggu tukang tenol bang, karena harus ditenol dulu baru digali dan dipasang u ditch nya, ungkapnya.

Pekerjaan pemasangan U ditch di RPK 2 dikerjakan oleh perusahaan PT. IPA ( istana putra agung ) adalah salah satu pemenang tender pembangunan jalur rel kreta api (RPK) Rantauprapat-kota pinang.

Eko Widi Wuryanto salah satu pejabat penting dibalai tehnik perkeretapian wilayah Sumbagut diminta tanggapannya melalui WhatsApp, tidak menjawab sampai berita ini kandas kemeja redaksi.(tim/ed. biro sumut)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top